11 Tips Bermain Game HD di Android Lancar, Ringan & Tidak Lag

Hal yang membuat smartphone Android ini menjadi sangat populer dalam waktu yang singkat, karena support yang sangat banyak dari pengembang aplikasi, termasuk di dalam platform Android ini terdapat ribuan game yang tersedia untuk dimainkan secara gratis.

Umumnya yang sangat populer adalah memasang game yang ada di Google Play Store, yang merupakan situs resmi dari kumpulan aplikasi Android.

Dan dari sekian banyak game yang gratis di Android, tidak sedikit yang memiliki kualitas grafis tinggi, yang setara dengan game PC atau Console, sehingga game-game yang tersedia untuk platform Android sangat memuaskan penggunanya.

Yang penting diketahui yaitu tidak semua smartphone Android dapat memainkan game- game yang berkualitas tinggi, beberapa diantaranya seperti game PES, FIFA, GTA dan banyak lainnya.

Hal itu karena game-game yang disebutkan diatas membutuhkan spesifikasi smartphone yang cukup tinggi, beberapa permintaan spec yang tinggi tersebut seperti memori RAM,CPU dan juga GPU.

Untuk yang terakhir itu, yaitu GPU (pengolah grafis) merupakan bagian yang paling utama dalam memainkan game di smartphone Android, karena tanpa GPU maka game tidak bisa untuk dijalankan dengan baik.

Tidak semua game HD dapat dimainkan disembarang jenis android, alasannya simpel dimana hardware nya tidak support.

Tips Bermain Game HD di Android Lancar, Ringan & Tidak Lag

Tips agar lancar dan tidak lag saat bermain game HD di Android:

#1. Ketika ingin bermain game, usahakan sisa daya baterai paling sedikit 20%
Baterai yang dayanya di bawah 20 persen  menyebabkan prosesor tidak memaksimalkan kerjanya (untuk menghemat baterai), terutama lagi ketika bermain game.

Sehingga permainan menjadi tidak lancar, bahkan cenderung berat saat kondisi baterai yang lemah. Yang membuat Anda tidak nyaman. Untuk mengatasinya, usahakan sebelum bermain game, baterai sudah dalam keadaan penuh.

#2. Hindari aplikasi lain berjalan ketika bermain game
Ketika Kamu bermain game, maka pastikan menutup aplikasi lainnya yang sedang berjalan, sehingga hindari hanya melakukan minimize aplikasi yang kemudian langsung membuka aplikasi lainnya.

Hal itu karena akan sangat memberatkan sistem kerja Android milikmu, yang harus menjalankan banyak aplikasi dalam satu waktu.

Dengan menutup aplikasi lainnya ketika bermain game, maka game yang Kamu jalankan dapat berjalan lebih maksimal.

#3. Uninstall beberapa aplikasi yang tidak digunakan
Apabila ada terlalu banyak aplikasi, itu akan membuat banyak junk files dan cache yang menumpuk di Android.

Yang paling parah adalah memboroskan kapasitas memori di Android Kamu. Yang membuat memori di Android penuh.

Dengan uninstal aplikasi yang tidak digunakan, maka berguna untuk meringankan kerja Android.

#4. Hindari memory terlalu penuh
Sebuah smartphone memerlukan ruang untuk ‘bernapas’ agar bisa menjalankan suatu program dengan optimal.

Kondisi memory yang ‘sesak’ dengan berbagai macam file dan aplikasi, mengakibatkan kerja android menjadi lemot, alhasil bermain game menjadi sering lag.

Cara mudah untuk membebaskan space memori yaitu dengan menghapus aplikasi yang tidak diperlukan, lalu hapus cache data yang tidak diperlukan yang membuat memori penuh.

Selain itu, menonaktifkan aplikasi bawaan android jika memang tidak digunakan. Bagi Kamu yang memiliki akses Root dapat menyingkirkan aplikasi bawaan android yang tidak penting.

#5. Kurangi widget
Widget sebenarnya sangat berguna untuk kemudahan akses yang cepat. Tapi perlu diketahui bahwa widget dapat membuat lemot android. Karena saat menghidupkan smartphone maka semua widget yang dipasang akan ikut berjalan bersamaan.

Karena berjalan bersamaan mengakibatkan RAM yang di pakai akan semakin besar.

Dengan begitu, jika di smartphone Kamu terdapat sangat banyak widget, maka hapus pada widget yang tidak terlalu penting.

Jika ada widget yang jarang digunakan maka hapus saja. Biarkan yang tinggal di layar home hanya widget yang sering digunakan.



#6. Nonaktifkan animasi layar dan transisi
Berbagai animasi layar dan efek transisi memang terlihat indah. Akan tetapi animasi layar dan efek pada launcher dapat memperberat kerja android.

Oleh karena itu, untuk mengatasinya adalah dengan me-non aktifkan animasi layar dan efek pada launcher yang Kamu gunakan.

Untuk me-nonaktifkan animasi dan efek transisi keseluruhan pada android. Berikut caranya:

  1. Masuk ke pengaturan
  2. Gulir ke bawah, lalu pilih about phone.
  3. Cari software information dan pilih nomor bentukan atau built number, dan tekan tujuh kali sampai Kamu melihat Developer Options telah diaktifkan.
  4. Kembali ke Pengaturan dan pilih opsi pengembang.
  5. Gulir ke bawah dan cari skala animasi jendela, Lalu set ke ‘Off’.
  6. Tekan skala durasi animator, lalu set ke ‘Off’.

#7. Restart Android
Dengan melakukan restart Android, sedikit banyak akan memberikan perbaikan pada kecepatan Android.

Dengan restart, android akan membersihkan sebagian cache yang tersimpan, menghentikan tugas yang sebelumnya berjalan tanpa diketahui, membuat Android refesh kembali. Hal ini membuat Kamu akan mendapatkan kecepatan Android yang optimal.

#8. Pastikan selalu main game yang versinya ter-update
Apabila game yang dimainkan olehmu masih terasa lambat, maka coba cek game yang terinstal di Android, pastikan memiliki update terbaru, karena dengan game yang baru akan lebih kompatibel dengan perangkat Android.

Selain itu dapat meminimalisir juga terjadinya bug. Dengan begitu, cek pada game yang Kamu mainkan di Google play store, apakah ada versi terbarunya, segera lakukan update versi game agar lebih lancar ketika dimainkan.

#9. Menggunakan aplikasi Game Boster & Launcher
Kali ini kita akan memakai aplikasi gratis di Google Play Store, yang berfungsi membuat performa game optimal. Dengan menggunakannya, membuat aplikasi lainnya yang sedang berjalan sementara akan dimatikan.

Hal ini membuat ketersediaan RAM menjadi lebih besar. Karena aplikasi dan process yang berjalan akan diberhentikan sementara.

Aplikasi tersebut bernama Game Booster. Download aplikasi Game Booster di Google Play Store

Cara menggunakannya:

  1. Buka aplikasi “Booster”, lalu ijinkan aplikasi tersebut menscan daftar aplikasi kita. Aplikasi ini tidak meminta akses ROOT
  2. Tambahkan game yang akan di booster dengan menekan tombol icon ‘+’ kemudian centang game tersebut dan tekan “save”
  3. Kamu bisa menambahkan berapa banyak pun game yang ingin dilakukan booster.
  4. Pada aplikasi, tinggal pilih game yang akan di booster untuk menjalankanya. Sehingga aplikasi akan bekerja untuk membuat fokus RAM hanya untuk game yang dimainkan

Selain aplikasi Game Boster, ada aplikasi sejenis lainnya untuk membuat Kamu bisa secara lancar menjalanan gme HD, yaitu aplikasi Chainfire3D.

Tetapi penggunaan aplikasi Chainfire3D mengharuskan Kamu untuk root Android. Jika ingin mengetahui tuorialnya Kamu bisa mengetahui langkah-langkahnya secara lengkap di laman Jalantikus.com


loading…

#10. Menggunakan Pure™ Graphics HD
Untuk memaksimalkan grafis di Android, maka diperlukan beberapa cara, seperti dengan bantuan aplikasi Pure™ Graphics HD, yang dibuat oleh jeeko (member di xda-developer), dengannya dapat membantu Kamu untuk memaksimalkan kemampuan graphic di Android.

Kemampuan Pure™ Graphics HD juga dapat rendering GPU, meningkatkan video HW render, dan meningkatkan kemampuan perangkat agar lancar dalam memainkan game HD. Download aplikasi Pure™ Graphics HD disini

Cara memasang dan menggunakan Pure™ Graphics HD:

  1. Aplikasi Pure™ Graphics HD ini kompatibel pada GB/ICS/JB semua device Android.
  2. Menginstalnya flashing lewat CWM (clockwordmod recovery)
  3. Setelah instal Kamu reboot. Android milikmu
  4. Lalu mainkan game, dan coba rasakan perbedaannya.

#11. Menggunakan GLTools
Apabila smartphone Android Kamu tidak memiliki kualitas GPU yang tinggi, maka Kamu dapat mengakalinya dengan menggunakan aplikasi yang dapat membuat lancar dan ringan ketika bermain game dengan kualitas HD di Android, sehingga tidak terjadi yang namanya lag.

Aplikasi tersebut namanya GLTools, berikut dibawah ini fiturnya;

  1. Mampu mengubah rendering bigness serta resolusi pada apps.
  2. Meningkatkan kemampuan GPU, termasuk pada ponsel low end.
  3. Mampu mengambil kendali penuh atas tekstur grafis
  4. Mengoptimalkan shader on-the-fly untuk kinerja yang optimal
  5. Dapat Mengukur kinerja layar FPS Counter

Download aplikasi GLTools disini

Cara menggunakan aplikasi GLTools:

  1. Hanya support untuk Android yang dalam keadaan root
  2. Kamu jalankan aplikasi GLTools
  3. Pada menu utama, aktifkan pilihan “Enable custom setting for this”
  4. Setting pada Enable texture decompression ke posisi All
  5. Setting Enable texture recompression ke posisi All
  6. Kamu aktifkan pilihan Use fake GPU info
  7. Terakhir pada pilihan Use a template, Kamu pilih GPU yang sesuai keinginan
  8. Selesai.

GLTools agak berbeda dengan Chainfire3D, dimana Aplikasi GLTools lebih aman digunakan untuk Android, walaupun memang masih dalam tahap pengembangan.

Daftar Harga Laptop Sony Vaio Terbaru Juli 2016

Sony Vaio SVE11-135CV Black, Pink, White AMD E2 2000 1.75Ghz, 2GB DDR3, 320GB, No Optical Drive, Wifi, Bluetooth, AMD Radeon HD 7340, Camera, 11.6" WXGA, Win 8 Rp 4,100,000 Sony Vaio Duo 11 SVD11-215CV Intel Core i5 3317U-1.7Ghz, RAM 4GB, HDD 128GB SSD, VGA Intel...

Daftar Harga Laptop Samsung Terbaru Juli 2016 Dan Spesifikasinya

Harga Laptop Samsung Terbaru- Sekarang kalau kita bilang merk Samsung tentunya sudah tidak asing bagi kita semua.Maka sekarang kita akan membahas sedikit tentang Laptop Samsung,seperti yang sudah banyak orang ketahui,Samsung merupakan salah satu perusahaan elektronik...

Daftar Harga Laptop Samsung Windows 8 Terbaru Juli 2016

Samsung NP270E4E-K01ID/K02IDIntel Core i3 3110M 2.4Ghz, 14" LED HD, 4GB, 500GB, DVD-RW, Card Reader, Intel HD, Wifi, Bluetooth, Camera, Win 8.1Rp 6,250,000 Samsung NP470R4E-K01IDIntel Core i5 3230M-2.6Ghz, RAM 4GB, HDD 500GB, VGA Intel HD4000, Screen 14" Wide LED,...

Daftar Harga Laptop Acer AMD Terbaru Juli 2016

Harga Laptop Acer AMD - Semakin hari semakin banyak keluarnya laptop dengan berbagai seri terbaru yang akan semakin memikat hati pengguna laptop.Dengan hadirnya berbagai jenis dan variasi yang banyak akan membuat kita menjadi lebih bingung dalam memilih laptop mana...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *