12 Bahaya Menggunakan Software Bajakan (Mitos & Faktanya)

Untuk orang awam atau pemula dalam dunia komputer dan internet, akan menganggap tidak ada bedanya antara software bajakan dan software original.

Banyak yang berpikir “kalau ada yang bajakan gratis ngapain harus beli, toh fungsinya sama saja”.

Akan tetapi anggapan itu salah. Terutama bisa menjadi besar bahayanya ketika komputer terhubung ke jaringan global (internet).

Bahaya Menggunakan Software Bajakan (Mitos & Faktanya)

Berdasarkan data yang dipublish oleh pihak Microsoft bahwa satu dari tiga PC yang terinstal software bajakan mengalami serangan program jahat malware, sungguh ini angka yang sangat tinggi.

Studi yang pernah dilakukan pihak Microsoft di bulan Februari 2013, memberikan hasil mengejutkan bahwa sekitar 59% PC baru yang terinstal dengan software bajakan di Indonesia terinfeksi malware.

Hasil penelitian yang dilakukan pihak Microsoft ini memberikan penilaian juga bahwa DVD software bajakan asal Indonesia memiliki resiko yang tinggi terdapat program berbahaya malware.

Untuk memperdalam ilmu tentang bahayanya software bajakan ini. Dbawah ini dijelaskan beberapa fakta dibalik mitos tentang software bajakan, sebagian poin-poin ini dipaparkan langsung oleh Microsoft.

Bahaya Menggunakan Software Bajakan

1. Mitos: Software bajakan memiliki kualitas yang sama dengan software asli

Faktanya bahwa software bajakan dan asli memang terlihat serupa, akan tetapi software yang asli dirancang agar dapat berjalan dan bekerja dengan optimal.

Yang dilengkapi juga dengan dibuatnya sistem keamanan sehingga mencegah resiko pencurian identitas, virus dan juga kerusakan pada sistem program itu sendiri.

Apabila pada software asli tersedia fitur update untuk meningkatkan kualitas software dari waktu ke waktu. Adapaun yang bajakan tidak akan ditemukan yang namanya update ke versi baru.

2. Mitos: Enaknya gratis dan aman-aman saja

Menggunakan software bajakan memang diakui menghemat uang bahkan gratis sama sekali.

Akan tetapi itu hanya dalam jangka pendek. Adapun pada jangka panjangnya justru dapat merugikan Anda secara finansial.

Menggunakan software bajakan akan bisa lebih ‘mahal’. Hal itu karena software bajakan beresiko pada keamanan, dan membuat kerusakan perangkat menjadi lebih besar.

Sekilas memang memakai software bajakan terlihat enak karena gratis. Padahal dari segi keamanan, ada bahaya yang mengintai.

Seperti yang dikatakan Presiden Direktur Microsoft Indonesia, yaitu Bapak Andreas, bahwa dahulu (jaman komputer jadul) menggunakan software bajakan tidak ada masalah yang ditimbulkan, karena paling untuk bermain game Soliter.

Akan tetapi saat ini 90 juta orang Indonesia terkoneksi dengan internet, dengan terhubung secara langsung ke internet maka ini membawa pengguna software bajakan dalam posisi bahayakan.

Hal itu karena saat menggunakan internet, tentu ada IP Address yang sama fungsinya seperti alamat rumah. Nantinya IP Address yang asli akan menghubungkan dengan kantor pusat si pembuat software bajakan saat menggunakan internet.

Sehingga benar-benar sangat berbahaya untuk keamanan dari pengguna software bajakan.

Adapun dengan memakai software asli, maka ketika terhubung dengan internet, pemilik software asli akan memberikan perlindungan secara berkala. Data-data Anda tidak akan dicuri.



3. Komputer Anda sedang diawasi

Resiko selanjutnya dari penggunaan software bajakan, yaitu komputer yang Anda digunakan beresiko dimata-matai oleh penyusup dari pihak pembuat software bajakan.

Hal itu karena ada kemungkinan virus atau malware disisipkan ke dalam software bajakan, sehingga benar-benar membahayakan data-data milik Anda, yang ada di dalam komputer.

4. Merusak komputer

Software bajakan mempengaruhi kinerja dan fungsi komputer, dimana ketidaksesuaian program dasar serta tidak tersedianya fitur update sangat beresiko mengganggu performa komputasi dari sebuah perangkat seperti komputer.

Berbagai bug yang ada di dalam software bajakan, mengakibatkan terjadinya gangguan dan menurunkan peforma dari kompuer.

5. Garansi PC dapat dibatalkan

Garansi dapat dibatalkan karena PC yang Anda gunakan menjadi sebuah mesin yang bisa menyebarkan virus secara otomatis.

Dimana ada sebagian dari software bajakan yang mengganti sistem harddisk asli dengan salinan yang tidak resmi.

Sehingga dengan begitu garansi untuk komputer atau laptop Anda menjadi tidak valid.

6. Anda bisa dimintai uang tebusan

Sudimin Mina. seorang ‘Software Asset Management and Compliance Director Microsoft Indonesia’, menjelaskan bahwa penggunaan software model bajakan untuk kebutuhan sehari-hari berbahaya.

Bahayanya yaitu terserang virus malware, merusak berbagai file penting di konputer, mencuri data-data personal seperti identitas perbankan, dan menyusup privasi keluarga dengan cara menyalakan webcam dari jarak jauh untuk mengawasi tanpa sepengetahuan pengguna.

Bahkan, jenis virus ransomware dapat memblokir akses pengguna ke Personal Computer (PC) yang hanya dapat dipulihkan apabila membayar uang tebusan secara online kepada penjahat siber.

Oleh karena itu, menggunakan software bajakan, bisa menjadi ‘jebakan’ agar nantinya nantinya dimintai uang tebusan.


loading…

7. Pakai Windows bajakan membuat kinerja komputer ngaco

Menggunakan software Windows bajakan berdampak buruk bagi kinerja dan fungsi PC. Bisa aja PC jadi sering hang karena Windows bajakan yang ke-install sudah terkena virus, yang membuat kinerjanya jadi dobel.

Akibatnya prosesor and RAM kerjanya menjadi berat. Akhirnya membuat PC jadi sering hang atau overheat.

8. Pakai windows bajakan bisa diteror Microsoft

Microsoft tidak akan tinggal diem membiarkan orang pada menggunakan bajakan dari karyanya. Saat Microsoft menemukan Anda memakai Windows bajakan.

Maka siap-siap bakal diteror terus sama Microsoft supaya ganti ke windows yang original.

Windows bakal terus-terusan nampilin pesan Microsoft Windows “is not genuine” (tidak asli) di PC Anda.

Sedangkan untuk pengguna original bakal aman-aman saja, karena lisensinya sudah terdaftar. Nama kita (sebagai pengguna bajakan) juga bakal masuk di sistem Microsoft Pusat di Amerika sono,

9. Komputer Anda menjadi jahat

Ada yang mendesain software bajakan agar nantinya komputer korban (yang menggunakan software bajakan) berubah menjadi sebuah sistem yang menyebarkan virus secara otomatis tanpa sepengetahuan si pemilik komputer sendiri.

10. Tidak ada garansi

Tidak adanya jaminan garansi jika terjadi sesuatu error pada software bajakan. Kondisi semakin buruk jika masalah meluas, seperti error bisa merusak dokumen penting milikmu komputer.

Tentunya Anda tidak bisa meminta tolong kepada pengembang dari software bajakan yang error tersebut.


loading…

11. Bahaya untuk pengguna samrtphone

Beberapa virus / malware bisa mendapatkan akses root di ponsel Anda (Android). Kondisi seperti ini sangat berbahaya, karena si pembuat virus bisa saja seenaknya menghapus semua data yang ada di ponsel.

Mereka juga bisa menghapus aplikasi seperti Anti Virus, lalu menggantinya dengan sebuah Anti-Virus palsu ,yang sebenarnya itu adalah virus.

Bahaya lainnya, mereka bisa mengontrol ponsel Anda untuk mengirimkan SMS ke layanan premium (seperti REG spasi daftar ke 9898) sehingga Anda akan menderita kerugian pulsa yang sangat besar.

Tentu saja orang penbuat virus sudah bekerja sama dengan penyedia layanan premium itu. Sekali SMS Anda bisa terkena Rp. 10.000.

Bayangkan jika ini terjadi pada 100.000 orang. Waduh… dalam sekejap ‘si penjahat’ itu bisa dapat ratusan juta.

Bahaya lainnya dari penggunaan aplikasi bajakan, Anda bisa dimata-matai. Diam-diam ia memantau semua aktivitas Anda. Email, username dan passwordnya, akses GPS, dan lainnya, yang menjadi milik Anda beresiko diketahuinya.

12. Berurusan dengan pihak berwajib

Program software dan game jaman sekarang sudah memiliki undang-undang pentang pembahajakan.

Jika, Anda kedapatan menggunakan software atau game bajakan, maka Anda bisa dikenakan denda.

Denda yang akan dikenakan jika Anda melanggar undang-undang tersebut, tampaknya bakal sangat besar.

Kenapa tidak menggunakan software dengan lisensi free (legal)
Software berbayar biasanya akan memiliki lebih banyak fitur dan dukungan dibannding dengan yang versi free / gratis.

Hal itu karena aplikasi premium dikembangkan oleh ahlinya, pengembangnya profesional yang bekerja dalam grup. Tapi, tidak semua software gratis itu jelek, sebenarnya ada banyak software gratis yang tidak kalah dengan kelas premium.

Hendaknya unduh software langsung dari sumber resminya (official site)
Cara aman agar kita terhindar dari software yang sudah dimodifikasi, dan beresiko disisipi program jahat. Maka biasakan mengunduh software langsung dari official site.

Hindari mengunduh dari sumber yang gak jelas. Official site sangat mudah dicari dengan mesin pencari. Karena biasanya muncul di posisi paling atas dari hasil pencarian.

Daftar Harga Laptop Sony Vaio Terbaru Juli 2016

Sony Vaio SVE11-135CV Black, Pink, White AMD E2 2000 1.75Ghz, 2GB DDR3, 320GB, No Optical Drive, Wifi, Bluetooth, AMD Radeon HD 7340, Camera, 11.6" WXGA, Win 8 Rp 4,100,000 Sony Vaio Duo 11 SVD11-215CV Intel Core i5 3317U-1.7Ghz, RAM 4GB, HDD 128GB SSD, VGA Intel...

Daftar Harga Laptop Samsung Terbaru Juli 2016 Dan Spesifikasinya

Harga Laptop Samsung Terbaru- Sekarang kalau kita bilang merk Samsung tentunya sudah tidak asing bagi kita semua.Maka sekarang kita akan membahas sedikit tentang Laptop Samsung,seperti yang sudah banyak orang ketahui,Samsung merupakan salah satu perusahaan elektronik...

Daftar Harga Laptop Samsung Windows 8 Terbaru Juli 2016

Samsung NP270E4E-K01ID/K02IDIntel Core i3 3110M 2.4Ghz, 14" LED HD, 4GB, 500GB, DVD-RW, Card Reader, Intel HD, Wifi, Bluetooth, Camera, Win 8.1Rp 6,250,000 Samsung NP470R4E-K01IDIntel Core i5 3230M-2.6Ghz, RAM 4GB, HDD 500GB, VGA Intel HD4000, Screen 14" Wide LED,...

Daftar Harga Laptop Acer AMD Terbaru Juli 2016

Harga Laptop Acer AMD - Semakin hari semakin banyak keluarnya laptop dengan berbagai seri terbaru yang akan semakin memikat hati pengguna laptop.Dengan hadirnya berbagai jenis dan variasi yang banyak akan membuat kita menjadi lebih bingung dalam memilih laptop mana...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *