15 Tips Penting Charge Baterai Smartphone Agar Cepat & Aman

Kecepatan pengisian daya baterai tidak lepas dari kemampuan perangkat hardware sebuah smartphone. Baik itu processor hingga alat chargernya.

Demikian juga dari sisi software, bisa mempengaruhi terhadap kecepatan proses charging.

Kondisi baterai yang baik sangat penting bagi pengguna smartphone. Jika kondisi baterai tidak baik maka pasti menganggu aktivitas di smartphone.

Hal itu karena smartphone tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Hal yang penting untuk memberi perhatian pada komponen baterai.

Tips Penting Charge Baterai Smartphone Agar Cepat & Aman

Langsung saja, berikut tips charge baterai yang penting diketahui.

Tips charge baterai smartphone:

1. Matikan smartphone jika memang tidak digunakan
Apabila memang Anda sedang tidak sibuk, dimana kayanya tidak ada yang bakal menelpon atau SMS pada jam-jam tersebut.

Maka agar lebih cepat terisi baterai smartphone, matikan saja smartphone, sehingga dapat charge baterai dengan sangat cepat nantinya.

Hal itu karena fitur / alat seperti pencari sinyal memakan cukup banyak daya. Demikian juga layar smartphone banyak menguras daya baterai.

2. Manfaatkan mode pesawat (Air Plane Mode)
Apabila saat melakukan charge memang tidak bisa mematikan ponsel, maka Kamu masih bisa mempercepat change baterai dengan memanfaatkan opsi Airplane Mode (mode pesawat).

Sehingga beberapa fungsi tambahan smartphone akan dimatikan, agar pengisian baterai lebih cepat.

Mode pesawat akan mematikan fitur bluetooth, wifi dan koneksi internet. Sehingga konsumsi baterai menjadi minimal.

Demikian juga pada smartphone Android terbaru, yang telah disediakan fitur ultimate power saving, yang fungsinya mematikan hampir seluruh fitur kecuali telepon dan internet.

3. Hindari charge melalui USB komputer
Apabila Kamu sering isi baterai smartphone melalui slot USB di komputer ataupun laptop, maka hal ini tidak disarankan, karena melakukan charge smartphone via slot USB komputer memakan waktu yang lebih lama dibandingkan mengisi langsung ke stop kontak listrik.

4. Gunakan charger dengan ampere yang besar
Cara yang cukup jitu agar smartphone dapat terisi baterainya dengan lebih cepat, yaitu dengan memakai charge dengan kapasitas ampere yang lebih besar.

Apabila Kamu punya charger dengan output 1A, maka gunakan charger dengan output 2A. Sehingga proses pengisian baterai akan lebih cepat dari biasanya.

Tetapi jangan terlalu “nafsu”, menggunakan output ampere yang terlalu besar, malah dapat membahayakan komponen baterai.

5. Gunakan Charger Asli
Smartphone dan charger hendaknya satu paket, yaitu charger yang diperoleh saat membeli smatphone. Dengan menggunakan charger bawaan membuat proses pengisian daya menjadi maksimak dan juga lebih aman.

Sangat tidak direkomendasikan menc-charge baterai dari USB komputer maupun laptop, karena outputnya yang cenderung kecil.

Aapbila perangkat laptop / komputer sudah support USB 3.0, baru bisa dipakai port ini untuk colokkan ke ponsel, karena output dayanya yang sudah memadai hingga 900mA. Tetapi tetap saja batasi kebiasaan charge dari laptop / komputer.

6. Perhatikan kualitas kabel USB
Umumnya ketika membeli smartphone, Kamu juga akan mendapatkan kabel USB bawaannya yang langsung dapat dimasukkan ke charger stop kontak.

Untuk itu jangan lupa untuk selalu membawa kabel USB bawaan tersebut, untuk nantinya digunakan saat di luar.

Hal ini membantu kamu agar terhindar dari terlalu sering menggunakan kabel USB yang tidak standar.

Menggunakan kabel USB yang tidak standar, bisa berakibat buruk pada baterai dan smartphone.

Sehingga, intinya perhatikan kualitas kabel USB yang digunakan, pastikan (jika menggunakan kabel USB lain) maka kualitasnya sebanding dengan kabel USB bawaan smartphone Kamu.



7. Hindari mengoperasikan smartphone ketika charging
Ini hal yang diketahui banyak orang, tetapi masih saja dilakukan karena tangan “gatel” ingin terus memegang smartphone.

Eentah itu bermain game dan semacamnya. Termasuk telepon, karena teleponan sambil charging cukup berbahaya bagi kesehatan pengguna.

Yang paling sering adalah bermain game ketiga charging, yang membuat proses mengecas baterai lama.

Lain halnya jika sedang darurat, mau apa lagi. Yang jadi masalah jika tidak penting-penting amat maka jangan mengoperasikan smartphone, hingga selesai mengecas

8. Ketika charge smartphone, taruh di tempat yang keras dan juga tidak panas
Mungkin ini belum banyak mengetahuinya, apabila ingin mengisi baterai smartphone dengan cepat, maka taruh smartphone nya di tempat yang keras dan jangan ditempat yang bersuhu panas.

Hindari meletakan di tempat yang empuk seperti tempat tidur, bantal dan sofa karena menyerap panas.

Sebaliknya, jangan juga menempatkan smatphone di suhu yang terlalu dingin. Yang dimaksud dingin disini adalah sedingin kulkas.

9. Buat baterai lebih adem
Umumnya smartphone menggunakan jenis baterai lithium-ion, yang punya prinsip kerja yang sederhana yaitu apabila suhunya lebih adem maka kinerjanya lebih baik.

Sehingga untuk mempercepat pengisian baterai ponsel bisa dengan melepaskan cover belakang casing smartphone.

Membuat baterai smartphone lebih bisa “bernafas” (suhunya adem), hal ini berimbas dengan optimalnya kinerja baterai.

10. Gunakan charger yang original
Charger bawaan ataupun charger yang original memiliki kualitas yang baik. Apalagi jika menggunakan charger bawaan maka akan lebih cocok dengan perangkat smarphone.

Arus yang dialirkan lebih stabil jika menggunakan charger bawaan. Atau minimalnya gunakan charger yang berkualitas baik.

Disarankan dalam membeli charger, utamakan pilih yang berkualitas walaupun harganya lebih mahal.


loading…

11. Jangan suka memaksa-maksa
Ketika baterai sudah ada pada posisi 10% (apalagi di bawah itu) jangan terus dipaksakan menghabiskannya hingga mati, apalagi jika saat itu malah menjalankan game berat. Karena hal itu dapat membuat baterai menurun kualitasnya.

Apabila terjadi keadaan seperti itu, maka Kamu harus (tidak boleh tidak) untuk mengisi baterai hingga full 100%,. Usahakan charge dalam keadaan ponsel mati.

Jika kualitas baterai sampai bermasalah, maka akan membuat proses charge baterai menjadi lebih lama.

12. Hindari tempat panas
Saat charge perlu juga memperhatikan kondisi, sebisa mungkin menghindari tempat yang panas ketika melakukan charge.

Hal itu karena suhu panas yang ada diluar mengakibatkan energi dalam baterai memuai. Bahkan juga bisa tetap beresiko memuai ketika ponsel mati.

Oleh karena itu, pastikan kondisi suhu adem (tidak panas) saat mengecas barerai.


13. Gunakan aplikasi utility charging
Terdapa beberapa aplikasi utility, salah satunyai Clean Master yang memiliki fitur-fitur save charging, berupa menonaktifkan aplikasi-aplikasi yang tidak perlu selama proses pengisian baterai.

Selain itu, ada banyak aplikasi khusus lainnya yang membantu untuk charging, seperti Fast Charge, Faster Charger, Charger Booster, dll.

Jika ada, maka Kamu bisa memanfaatkan fitur fast Charging yang sudah ada di smarpthone. Saat ini telah terdapat fitur fast charging yang katanya bisa 50% lebih cepat.

Teknologi fast charging ini sudah dipasang pada produk Samsung, Oppo, HTC, Asus dan produk android lainnya.

14. Sambungkan ke colokan Listrik
Agar proses mengecas maksimal dan lebih cepat, maka mengecas dengan menyambungkan ke listrik secara langsung.

Tidak disarankan mengecas dengan sambungan port USB. Mengecas dengan port USB di komputer / laptop akan lebih lama. Bahkan bisa 2-3 kali lebih lama.

15. Jangan gunakan Wireless Charging
Teknologi Wireless Charging sudah dimunculkan oleh Samsung, sepeti pada produk Samsung Galaxy S6. Namun, mengisi daya baterai menggunakan teknologi Wireless Charging memakan waktu lebih lama.

Jauh lebih cepat dengan metode ‘biasa’ yaitu mengecas menggunakan kabel. Sehingga disarankan Kamu tidak perlu membali Wireless Charging, lebih baik simpan uang Kamu untuk digunakan pada hal lain yang lebih penting.

Daftar Harga Laptop Sony Vaio Terbaru Juli 2016

Sony Vaio SVE11-135CV Black, Pink, White AMD E2 2000 1.75Ghz, 2GB DDR3, 320GB, No Optical Drive, Wifi, Bluetooth, AMD Radeon HD 7340, Camera, 11.6" WXGA, Win 8 Rp 4,100,000 Sony Vaio Duo 11 SVD11-215CV Intel Core i5 3317U-1.7Ghz, RAM 4GB, HDD 128GB SSD, VGA Intel...

Daftar Harga Laptop Samsung Terbaru Juli 2016 Dan Spesifikasinya

Harga Laptop Samsung Terbaru- Sekarang kalau kita bilang merk Samsung tentunya sudah tidak asing bagi kita semua.Maka sekarang kita akan membahas sedikit tentang Laptop Samsung,seperti yang sudah banyak orang ketahui,Samsung merupakan salah satu perusahaan elektronik...

Daftar Harga Laptop Samsung Windows 8 Terbaru Juli 2016

Samsung NP270E4E-K01ID/K02IDIntel Core i3 3110M 2.4Ghz, 14" LED HD, 4GB, 500GB, DVD-RW, Card Reader, Intel HD, Wifi, Bluetooth, Camera, Win 8.1Rp 6,250,000 Samsung NP470R4E-K01IDIntel Core i5 3230M-2.6Ghz, RAM 4GB, HDD 500GB, VGA Intel HD4000, Screen 14" Wide LED,...

Daftar Harga Laptop Acer AMD Terbaru Juli 2016

Harga Laptop Acer AMD - Semakin hari semakin banyak keluarnya laptop dengan berbagai seri terbaru yang akan semakin memikat hati pengguna laptop.Dengan hadirnya berbagai jenis dan variasi yang banyak akan membuat kita menjadi lebih bingung dalam memilih laptop mana...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *