16 Cara Cerdas Menghemat Kuota Internet di Android

Sekarang ini, kebutuhan akan internet bagaikan sebuah kebutuhan pokok yang harus terpenuhi. Sehingga banyak orang yang mengkses internet setiap hari, tidak bisa lepas hari-harinya dari internet.

Hanya saja, seringkali kuota data internet habis sebelumnya yang membuat otak berpikir keras agar besok tetap bisa internetan, yang tentunya harus menyiapkan budget untuk memberi paket internet baru.

Tentunya Anda tidak ingin kouta internet habis sebelum waktunya. Oleh karena itu Anda bisa mengusahakan untuk menghemat kuota data internet.

Langsung saja, berikut di bawah ini cara menghemat kuota internet Android:

1. Setting Limit Penggunaan Data
Metode ini perlu diterapkan pada ponsel Android Anda agar mencegah terjadinya penggunaan kuota internet yang berlebihan dalam satu waktu. Ketika lengah akibat terlalu banyak mendownload atau menonton video menyebabkan kuota paket internet Anda menjadi jebol.

Agar bisa membatasi penggunaan kuota data internet dalam setiap harinya, maka perlu dilakukan kontrol pada kuota internet Anda. Cara melakukannya, masuk ke menu Settings, lalu pilih Lainnya.

Kemudian tap pada menu Penggunaan Data (Data Usage), lalu disana tinggal Anda atur tentang batasan penggunaan data internet (atur secara bebas, sesuai kebutuhan Anda).


2. Menghemat Kuota Internet Saat Menonton Video YouTube atau Lainnya
Orang-oramg sudah terbiasa yang namanya menonton video di YouTube atau situs streaming lainnya yang berisi video, yang tentunya menonton video akan memakan banyak kuota internet. Terlalu sering melakukan streaming video membuat dompet menjadi jebol.

Terdapat trik yang bisa dilakukan agar menonton video tidak terlalu menguras kuota Internet Anda. Menutunkan kualitas video yang ditonton akan dapat mencegah kuota internet cepat habis.

Ketika Anda menonton video dengan memakai alat ponsel atau tablet, tentunya layarnya tak begitu besar, sehingga dalam kondisi seperti ini Anda tidak perlu video yang beresolusi tinggi.

Pada beberapa tempat video streaming memberikan pilihan agar bisa mengganti kualitas video, sehingga membuat Anda dapat menghemat kuota internet saat menonton video.

Contohnya pada situs YouTube, untuk menurunkan kualitas video yaitu dengan menekan menu yang berbentuk titik tiga, lalu pilih opsi Quality, untuk menurunkannya resolusi video.

Pada situs Nexflix, maka buka pada bagian profil, disana Anda bisa memilh satu diantara tiga pengaturan, yaitu: Low (0.3GB/hour), Medium (0.7GB/hour) atau High (up to 3GB/hour).

Hal lainnya yang perlu Anda lakukan yaitu menyimpan video yang sering Anda tonton. Apabila Anda sering memutar sebuah video yang sama berulang-ulang, maka disarankan untuk menyimpan video tersebut dalam mode offline.

Cara ini bisa Anda lakukan di layanan situs YouTube maupun Neflix. Dengan melakukan ini maka akan sangat berguna agar kuota Internet bisa lebih hemat.

Jika Anda memutar pada video yang telah Anda simpan sebelumnya, maka tidak akan memakan kuota Internet Anda, walaupun ditonton berulang-ulang.

3. Matikan Fitur Sinkronisasi Yang Tidak Diinginkan
Ini pilihan Anda, dimana agar bisa menghemat kuota maka triknya yaitu menonaktifkan akun yang memiliki opsi sinkronisasi dan hal-hal yang tidak Anda gunakan secara rutin.

Cara menyettingnya, yaitu pertama-tama pergi ke menu Settings => Accounts => lalu pilih akun yang tidak ingin disinkronisasikan. Jika fitur sinkronisasi tidak diperlukan maka lebih baik dimatikan saja.

Dengan melakukan hal ini, maka membantu untuk menghemat kuota internet Anda, dimana aplikasi tersebut tidak diizinkan secara otomatis tersambung ke internet yang akan memakan kuota internet.

4. Streming Video Memakan Banyak Kuota, Usahakan Menonton Video Saat Terkoneksi WiFi Saja
Ini sebuah trik yang sangat bagus agar bisa menghemat kuota internet Android Anda. Intinya adalah usahakan untuk tidak memakai kuota internet smartphone untuk aktivitas yang menyedot kuota besar, contohnya yaitu membuka situs Youtube dan semacamnya.

Agar bisa terhubung dengan koneksi Wifi untuk menonton video di youtube dan lainnya, maka ada aplikasi yang bisa berfungsi untuk melacak ketersediaan koneksi wifi terdekat. Beberapa aplikasi tersebut adalah Wi-Fi Finder dan Wifi Analyzer.


5. Sebagai Alternatif, Gunakan Aplikasi Penghemat Data
Metode dalam memakai Internet di smartphone, baik secara langsung ataupun tethering, maka para pengguna dapat meminimalisir penyedotan data kuota internet, sehingga membuat paket internet menjadi sangat awet.

Anda bisa memanfaatkan fungsi dari aplikasi seperti Opera Max salah satunya, yang berfungsi untuk meminimalisir kuota internet tersedot terlalu banyak selama menonton video.

Fungsi lainnya yaitu dapat menghemat data internet dalam mendownload gambar dan membuka situs web. Demikian juga ketika Anda “berkelana” di situs favorit seperti YouTube dan lainnya, maka Opera Max mampu untuk menghemat data internet sebesar 60 persen. Kemampuan Opera Max ini berdasarkan review dari situs Cnet.

Nantinya Anda akan memperoleh laporan dari kuota data internet yang berhasil dihemat oleh aplikasi ini. Kerja aplikasi ini yaitu dengan menerapkan algoritma untuk mengkompresi data yang tidak terenkripsi, seperti teks, gambar dan video, yang menjadikan bandwidth bisa lebih dihemat.

Link download Aplikasi Opera Max di Google Play Store
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.opera.max.global&hl=in

Selain aplikasi Opera Max, masih banyak aplikasi lainnya yang berfungsi sebagai penghemat kuota internet untuk smartphone Android, yaitu:

— Aplikasi My Data Manager —
Aplikasi ini berfungsi untuk melacak berapa banyak data yang telah dipakai, dengan begitu Anda dapat dengan mudah memonitor penggunaan kuota internet secara bijaksana.

Fitur lainnya dari aplikasi My Data Manager, memungkinkan Anda agar bisa memperoleh informasi tentang bagian atau aplikasi mana saja yang paling banyak menyedot kuota internet Anda. Selain itu Anda juga bisa memantau pemakaian data yang menggunakan koneksi Wi-Fi.

Link download Aplikasi My Data Manager di Google Play Store
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.mobidia.android.mdm&hl=in

— Aplikasi Onavo Extend —
Ini merupakan aplikasi milik Facebook yang bisa membantu Anda dalam menghemat kuota. Aplikasi ini memiliki kemampuan yang baik dalam mengompresi penggunaan data.

Dengannya, Anda bisa mengetahui seberapa banyak kuota yang sudah digunakan. Hanya saja, satu-satunya kekurangan aplikasi Onavo Extend yaitu tidak memiliki fungsi untuk mengompresi video, yang membuatnya tidak bisa mengontrol penggunaan data dalam melakukan streaming video.

Link download Aplikasi Onavo Extend di Google Play Store
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.onavo.android.onavoics&hl=in

— Aplikasi CM Data Manager —
Aplikasi ini juga dapat diandalkan untuk membantu Anda agar bisa menghemat kuota internet. Dengan menggunakan aplikasi CM Data Manager, disana terdapat fungsi untuk memonitor penggunaan data dan juga memonitor kecepatan jaringan internet.

Aplikasi CM Data Manager juga memiliki fitur agar Anda bisa mengetahui penggunaan data dari setiap aplikasi yang terinstall di Ponsel Pintar Anda.

Fitur lainnya, yaitu menghemat kuota dengan cara melakukan blokir pada aplikasi yang dirasa menyedot sangat banyak kuota internet. Dengan aplikasi ini maka Anda bisa memonitor penggunaan data secara efisien, yang memudahkan agar bisa menghemat kuota.

Link download Aplikasi CM Data Manager di Google Play Store
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cmcm.flowmonitor&hl=in



6. Batasi Penggunaan Data Secara Background
Ketika data kuota internet dirasa sangat boros, maka Anda dapat juga mengatasinya untuk menghemat kuota, yaitu dengan cara men-stop penggunaan data yang berjalan secara background. Berbagai aplikasi atau program yang berjalan secara backgroud seringkali tanpa disadari keberadannya menggunakan kuota internet.

Cara melakukanya pengaturannya, pertama-tama masuk ke menu Settings => Data Usage, lalu lakukan Tap pada menu yang berbentuk tiga garis vertikal (ada di kanan atas).

Lalu pilih Restrict background data => OK. Dengan melakukan setting ini, maka akan memotong aplikasi yang menggunakan data ketika aplikasi tersebut berjalan secara background.

Keuntungan dari setting ini adalah akan sangat menghemat kuota internet, namun kekurangannya adalah jika Anda pengguna sosial media aktif dan sering menerima notifikasi. Maka melakukan setting ini akan menyebabkan notifikasi sering terlambat datang.

7. Setting Browser Agar Kuota Internet Hemat
Pada Google Chrome terdapat fitur penghematan data. Sehingga Anda bisa menghemat penggunaan data internet ketika browsing. Caranya, pada browser Google Chrome maka klik ikon tiga titik lurus, lalu pilih “Pengaturan”.

Kemudian pilih “Advanced”, lalu klik “Reduce Data Usage” yang tujuannya untuk mengaktifkan fitur penghematan data di browser Chrome.

— Opera Mini —
Ketika mengalami problem berupa koneksi internet yang tidak stabil dan bandwith terbatas. Sebuah browser yang disarankan untuk Anda gunakan adalah Opera Mini. Hal itu karena kemampuan browser ini yang mampu mengompresi data dan kecepatan internet.

Pada browser Opera Mni, nantinya Anda tinggal memilih mode kompresi data “High” atau “Extreme”. Yang dengan begitu maka penggunaan kuota internet dari aktivitas browsing bisa lebih terkontrol dengan baik.

Adapun teknologi canggih dari browser Opera Mini dalam menghemat kuota, yaitu dengan bekerja untuk menurunkan kualitas gambar, text wrap, protokol, dan lainnya. Kemampuan ini seperti yang juga dimiliki Chrome, yang dengan begitu kuota internet bisa lebih awet.

— Yandex Browser —
Yandex Browser memiliki fitur Turbo Mode, dimana kegunaannya yaitu mengompres data ketika browsing di halaman-halaman, hal ini akan menghemat kuota, selain itu juga menjadikan loading website lebih cepat.

Nantinya, Mode Turbo ini bisa Anda aktifkan atau nonaktifkan dengan mudah, jika Anda sedang membutuhkannya maka tinggal diaktifkan dengan sekali klik. Demikian juga bisa menonaktifkannya dengan cepat.

Teknologi lainnya dari Yandex Browser adalah dapat mengompres video ketika melakukan streaming video di Youtube dan lainnya.

— Dolphin Browser —
Dolphin juga menawarkan sejumlah fitur untuk menghemat kuota data internet, dengannya Anda bisa menghidupkan mode browsing tanpa menampilkan gambar, hal ini tentunya akan menghemat penggunaan data.

Sebagai contoh, jika Anda ingin mengunjungi website tapi tidak memerlukan tampilan gambarnya, maka dalam kondisi ini Anda bisa memanfaatkan fitur utuk mematikan gambar agar kuota internet bisa sangat hemat. Hal itu karena gambar juga banyak mengambil data kuota internet.


8. Cegah Update Aplikasi Yang Membuat Kuota Jebol
Kalau bisa usahakan melakukan update aplikasi tertentu di Android ketika sedang terhubung dengan WiFi saja. Ketika Anda memasang suatu aplikasi dari Google Play Store, maka sistem pada umumnya (secara default) akan melakukan update secara otomatis pada aplikasi yang terinstal.

Dimana aktivitas update aplikasi terkadang dapat memakan kuota internet dalam jumlah yang besar, kondisi ini jika sering terjadi akan mengakibatkan pemborosan kuota.

Ada sebuah solusi yang bagus untuk mengatasi hal ini, yaitu dengan mengaktifkan opsi Wifi only. Dimana dengan mengaktifkan opsi ini maka aplikasi hanya akan melakukan update ketika smartphone terkoneksi dengan WiFi.

Sehingga data internet yang digunakan untuk update aplikasi adalah dari Wifi saja. Hal ini akan membuat paket kuota internet Anda bisa lebih hemat.

Cara menyettingnya, masuk ke Play Store lalu pilih menu Settings => Auto-update apps => Auto-update apps over WiFi Only. Dengan begitu fitur ini akan aktif.


loading…

9. Jangan Sering-Sering Melakukan Teathring
Mungkin ada saja orang yang tergoda seakan tidak puas menggunakan jaringan internet di smartphone, karena memang ukuran devicenya yang kecil.

Sehingga tidak jarang ada orang yang menyambungkan jaringan internetnya di smartphone dengan menggunakan hotspot pribadi ataupun sambungan USB untuk menjalankan internet di device besar seperti komputer, notebook dan laptop.

Smartphone dan komputer sangatlah berbeda, penggunaan internet di komputer seperti browsing maka sudah dapat menghabiskan kuota dengan cepat, berbeda jika browsing di smartphone yang lebih sedikit memakan kuota internet.

Dengan begitu, terlalu sering melakukan teathring akan mengakibatkan kuota internet bisa cepat habis.

10. Kontrol dengan Baik Penggunaan Internet pada Games atau Aplikasi yang Terpasang
Tidak jarang ketika data paket sedang diaktifkan, maka secara diam-diam pada game atau aplikasi yang dibuka maka akan memakan kuota internet. Hal ini terlihat jelas ketika Anda mungkin pernah melihat tayangan iklan ketika memainkan sebuah game.

Nah, agar bisa menghemat kuota internet, dimana pada aplikasi atau games yang bisa dijalankan secara offline, maka lakukan setting agar mencegah kuota internet bocor. Caranya yaitu dengan masuk ke menu Settings.

Lalu pilih “Data Usage”, lalu lakukan tap pada menu Kontrol koneksi internet, setelah itu tinggal Anda tentukan dengan mencentang atau menghilangkan centang pada aplikasi, untuk menentukan aplikasi atau game mana saja yang boleh terkoneksi ke internet.


11. Utamakan Memainkan Game Offline daripada Online
Seorang gamers sejati, tentunya mengharuskan dirinya untuk memasang banyak game di smartphone untuk dimainkan. Tetapi pada beberapa jenis games memerlukan akses internet secara konstan, hal ini seperti game online, atau bahkan ada game offline yang mengharuskan pemainnya untuk menghidupkan jaringan internet jika ingin memainkannya.

Dengan begitu, dimana ada ribuan bahkan jutaan game yang bisa dimainkan, maka pilihlah untuk memasang jenis game yang untuk memainkannya tidak memerlukan akses internet, hal ini akan menghemat kuota Anda.

12. Hindari Aplikasi yang Memakan Kuota Sangat Banyak
Pada menu Settings, lalu ke Data Usage, disana akan terlihat mana saja aplikasi yang banyak memakan kuota internet. Salah satunya yaitu seperti aplikasi Yahoo, dimana aplikasi ini ternyata mengunduh ratusan MB email secara background, yang tanpa disadari pengguna.

Sehingga, disarankan menghapus aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan, namun sering menyedot banyak kuota. Atau minimal menyettingnya agar tidak menyedot kuota.

Anda harus bijak dalam meng-install aplikasi, selain tujuannya mencegah Android lemot, juga agar tidak boros kuota. Selain Yahoo, aplikasi yang membuat boros kuota penggunanya yaitu:

=> Facebook: Facebook yang menawarkan fasilitas postingan video, namun hal ini banyak menyedot kuota karena video bersifat autoplay (buffering video berjalan walaupun video tidak dibuka). Ditambah lagi notifikasi yang selalu masuk. Sehingga membuat kuota jebol.

=> Twitter: Kicauan di Twitter memang menyebabkan kuota jebol. Kan tetpai jangan meremehkan fitur autoplay video di Twitter. Fitur ini menyebabkan  kuota Anda jebol ketika menggunakan aplikasi Twitter.

=> Google Photos: Hati-hati dengan fitur auto-backupnya karena dapat menyedot banyak kuota.

=> Instagram: Instagram dipenuhi dengan foto dan video yang jelas-jelas akan membuat kuota jebol. Apalagi sekarang terdapat fitur Instagram Stories dan Live Stories.

=> Snapchat: Berbagai video atau foto sering ditampilkan di Story, yang menyebabkan orang yang sering menggunakan Snapchat maka kuotanya akan cepat habis.

=> Netflix: Menonton film di Netflix yang akan memakan waktu berjam-jam tentunya akan menyedot banyak kuota internet.




13. Jangan Sering Upload atau Mengirimkan Video Maupun Gambar
Ketika berpegian ke suatu tempat, hal yang mungkin tidak akan dilewatkan adalah mengabadikan moment seru dengan melakukan selfie, jepret sana sini, hingga membuat video rekaman perjalanan.

Yang menjadi masalah ketika Anda langsung main upload saja ke internet atau media sosial, yang tujuannya tentu untuk dipamerkan ke teman-teman. Namun, kebiasaan upload video atau gambar ke soosial media mengakibatkan kuota internet bisa cepat habis.

Apalagi sekarang ukuran dan resolusi kamera sangat tinggi, pengambilan gambar maupun video akan menghasilkan ukuran yang besar. Apabila satu foto besarnya 5 MB, maka 10 foto menjadi 50 MB.

Apalagi video ukurannya bisa sangat besar, kalau begini kuota untuk sebulan bisa habis hanya dalam seminggu saja.

14. Membagikan File Lewat Bluetooth Saja
Jangan gengsi untuk berbagi data seperti video dan foto lewat bluetooth. Dimana sekarang ini orang-rang jarang menggunakan bluetooth, mereka lebih suka menggunakan aplikasi perpesanan untuk mempermudah proses transfer file antar smartphone, namun cara ini jelas-jelas akan memakan kuota internet.

15. Ingat Koneksi Internet Tidak Melulu Selalu Aktif
Mentang-mentang ingin menjadi seorang yang eksis di internet, hingga saat tidurpun koneksi internet selalu dalam kondisi aktif. Ketika sedang tidur, maka pesan masuk tidak akan bisa langsung dibalas. Dengan begitu, tidak ada salahnya agar Anda mematikan koneksi internet ketika tidur.

Demikian juga matikan saja koneksi internet ketika tidak digunakan, serta Anda perlu membatasi dari terlalu eksis di dunia internet / sosial media. Mematikan koneksi internet ini tentunya membantu agar kuota internet bisa lebih awet.

16. Manfaatkan Wilayah Hotspot di Sekitar Anda
Ketika Anda berada di kafe, restoran, tempat yang menyediakan jaringan Wi-Fi, maka Anda bisa memanfaatkannya semaksimal mungkin. Jika Anda di kafe misalnya, maka jangan malu untuk bertanya password kepada para pelayan yang ada disana, sehingga nantinya Anda memperoleh wifi gratis.

Apabila Anda bingung atau tidak tahu tempat yang menyediakan hotspot, maka Anda dapat menggunakan aplikasi pencari wifi. Salah satunya aplikasi WiFi Analyzer, yang dengannya Anda bisa dengan mudah untuk mencari tempat yang memiliki sinyal kuat.

Pada aplikasi WiFi Analyzer juga melaporkan secara real-time berupa radar yang memperlihatkan grafis jaringan WiFi, serta intensitas sinyal yang dimilikinya.

Link Download Aplikasi Wifi Analyzer Di Google Play Store
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.farproc.wifi.analyzer

Daftar Harga Laptop Sony Vaio Terbaru Juli 2016

Sony Vaio SVE11-135CV Black, Pink, White AMD E2 2000 1.75Ghz, 2GB DDR3, 320GB, No Optical Drive, Wifi, Bluetooth, AMD Radeon HD 7340, Camera, 11.6" WXGA, Win 8 Rp 4,100,000 Sony Vaio Duo 11 SVD11-215CV Intel Core i5 3317U-1.7Ghz, RAM 4GB, HDD 128GB SSD, VGA Intel...

Daftar Harga Laptop Samsung Terbaru Juli 2016 Dan Spesifikasinya

Harga Laptop Samsung Terbaru- Sekarang kalau kita bilang merk Samsung tentunya sudah tidak asing bagi kita semua.Maka sekarang kita akan membahas sedikit tentang Laptop Samsung,seperti yang sudah banyak orang ketahui,Samsung merupakan salah satu perusahaan elektronik...

Daftar Harga Laptop Samsung Windows 8 Terbaru Juli 2016

Samsung NP270E4E-K01ID/K02IDIntel Core i3 3110M 2.4Ghz, 14" LED HD, 4GB, 500GB, DVD-RW, Card Reader, Intel HD, Wifi, Bluetooth, Camera, Win 8.1Rp 6,250,000 Samsung NP470R4E-K01IDIntel Core i5 3230M-2.6Ghz, RAM 4GB, HDD 500GB, VGA Intel HD4000, Screen 14" Wide LED,...

Daftar Harga Laptop Acer AMD Terbaru Juli 2016

Harga Laptop Acer AMD - Semakin hari semakin banyak keluarnya laptop dengan berbagai seri terbaru yang akan semakin memikat hati pengguna laptop.Dengan hadirnya berbagai jenis dan variasi yang banyak akan membuat kita menjadi lebih bingung dalam memilih laptop mana...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *