9 Penyebab Kuota Internet Cepat Habis (Cara Ampuh Menghemat Kuota Internet)

Sekarang ini, terutama di kota-kota besar, sudah semakin banyak yang menggunakan perangkat smartphone, dengan berbagai mereknya, serta berbagai sistem operasi seperti Android atau iOS, yang penggunanya sangat banyak di dunia.

Selain itu, berbagai provider telepon seluler juga sudah membuat strategi khusus, dengan menawarkan akses internet yang cepat dan murah, umumnya dengan sistem paket kuota berbasis data ataupun berbasis waktu.

Penyebab Kuota Internet Cepat Habis (Cara Menghematnya)

Dan paket internet cukup terjangkau, dimana dalam satu bulan biayanya antara Rp 50.000,- hingga Rp 100.000,-. Paket harga itu yang paling sering digunakan orang-orang di Indonesia.

Tetapi kadang-kadang ada masalah dimana banyak yang merasa cepat habis internetnya. Jika tidak membeli paket internet, maka pulsa jadinya akan tersedot dengan “kecepatan tingkat tinggi”. Alhasil pulsa akan habis dengan cepat.

Yang menjadi masalah juga, saat tidak menggunakan aplikasi atau mengakses internet, ternyata ada sebagian aplikasi dan bahkan sistem operasi selalu menggunakan akses internet, dengan tujuan untuk update ataupun synchronization, sehingga sebagai pengguna ponsel cerdas maka pastikan kuota internet memadai agar menghindari pulsa tersedot habis.

Nah, penyebab kuota internet cepat habis ini membuat penggunanya kebingungan, karena baru saja beberapa hari membeli paket kuota, tetapi sudah habis dengan cepatnya. Untuk itu sebagai pemilik kuota internet, mungkin kita kadang-kadang tanpa sadar sudah melakukan berbagai aktifitas yang membuat kuota internet cepat habis.

Berikut di bawah ini beberapa penyebab yang membuat kuota intenet cepat sekali habis:

#1. Hobi main game online yang berlebihan
Memang saat ini sudah banyak game online yang tersebar dan siap untuk kita mainkan, dimana game online ini memberikan kesenangan tersendiri, akan tetapi dibalik itu semua hendaknya perlu untuk mengecek kondisi kuota internet sebelum bermain game, karena dari survey yang dilakukan, menunjukan bahwa bermain game online ini sangat menguras pulas intenet.

Dan jenis game online yang paling banyak menghabiskan kuota adalah jenis game Real time action, untuk itu hendaknya kita membatasi memainkan game online dalam setiap harinya, boleh tetapi tetap dibatasi.

#2. Membuka Google gambar ataupun web gambar lainnya
Dipercayai atau tidak, ternyata membuka Google gambar (Google Image), apalagi untuk mencari gambar kualitas HD, maka in membuat kuota Kamu dalam waktu singkat akan habis, demikian begitu saat mengakses situs yang berisi banyak gambar full HD / beresolusi tinggi.

Dimana jika membuka satu laman web anda dapat menghabiskan sekitar 1-5 MB, nah ,coba bayangkan jika Kamu membuka 10 halaman seperti itu, apalagi lebih dari itu maka membuat kuota cepat habis.

#3. Nonton streaming TV / video
Saat ini sudah banyak yang menyediakan tempat untuk menikmati dan memutar video via streaming, seperti yang sangat populer yaitu Youtube, akan tetapi yang perlu diingat bahwa menonton video streaming, apalagi dalam waktu lama akan membuat kuota internet dapat habis dengan cepat, bahkan mungkin kuota internet yang rencananya untuk sebulan, ternyata tidak sampai seminggu penggunaannya.

#4. Streaming musik / audio
Selain streaming audio / musik juga cukup memboroskan kuota internet, contohnya ketika mendengarkan lagu / audio yang beresolusi 320 Kbps, maka itu sudah dapat menghabiskan sekitar 2,4 MB data kuota internet Kamu dalam semenit, nah apabila itu Kamu lakukan dalam satu jam, maka dapat menghabiskan 115 MB kuota data internet .

#5. Terlalu sering mengunggah Video
Dengan kepopuleran Youtube dan penggunaannya yang sangat mudah, maka banyak yang berlomba-lomba untuk memperkenalkan kegiatannya di youtube, dimana mengupload video ke situs youtube sangat mudah dilakukan, akan tetapi dengan terlalu sering mengunggah video maka sangat menguras kuota internet.

#6. Sering melakukan Video Call
Masih berhubungan dengan video, dimana melakukan panggilan dengan metode Video Call, seperti menggunakan Skype, Facetime ataupun Facebook call maka dapat menghabiskan kuota internet dengan cepat, dimana ketika melakukan video call maka data internet akan terkuras sekitar 3 Mb untuk setiap menitnya.

Untuk itu, cukup penting membatasi pengguna Video call, apabila memang tidak urgent maka lebih baik melakukan komunikasi via chat atau panggilan biasa saja.

#7. Menggunakan program AntiVirus yang terlalu sering auto update.

#8. Membuka akses auto update pada sistem operasi yang digunakan, apabila memungkinkan, matikan saja fitur update otomatisnya.

#9. Tidak disable auto update dan auto sync, dimana semuanya dibiarkan default. Apabila ada bagian yang tidak terlalu penting, maka Kamu dapat matikan auto updatenya untuk menghemat koneksi internet.



Cara mengatasi supaya kuota internet tidak cepat habis / hemat

#Penting bagi kita memahami agar menggunakan internet sesuai dengan kebutuhan. Untuk membantu, maka Kamu bisa menggunakan tools bandwidth matter, yang mampu untuk memantau dan memonitor kuota pemakaian data internet, dengannya Kamu bisa mengetahui aplikasi mana yang sering menghabiskan kuota internet bulanan Kamu.

#Ddalam menggunakan internet kurangi aktifitas-aktifitas yang tidak perlu. Hal lainnya, jangan sampai tergoda terlalu lama melakukan streaming video di youtube atau situs streaming lainnya.

#Bagi pengguna Windows, jika Kamu merasa sangat ‘tersiksa’ dengan kuota yang suka habis sendiri. mungkin karena OS yang Kamu gunakan melakukan update otomatis, yang banyak memakan kuota internet. Maka jika bisa, lebih baik nonaktifkan saja fitur update otomatis di OS Windows.

Menghemat kuota internet di Android:

#Aktifkan fitur Chrome “Data Saver” untuk browsing. Jika kamu pengguna Chrome browser, bisa mengurangi penggunaan kuota data internet dengan cara mengaktifkan fitur Data Saver. Untuk mengaktifkannya, buka menu Settings > Data Saver > ON. Fitur ini bekerja untuk mengompres data hingga 50%.

#Batasi penggunaan mobile data dan aktifkan peringatannya. Kamu bisa gunakan fitur data usage warning dan limit system, yang biasanya sudah tersedia secara default di smarpthone Android. Dengan menggunakannya, nantinya Kamu akan mendapatkan peringatan jika pemakaian data internet melampaui batas. Untuk menggunakannya, buka menu Settings > Data usage > Celular data > Set cellular data limit. Tap untuk mengaktifkannya.

#Indentifikasikan aplikasi yang menyedot kuota data. Dimana banyak aplikasi yang dibuat untuk memudahkan koneksi ke internet, tapi itu membuat kouta boros. Untuk mengetahui aplikasi yang banyak menyedot kuota, lihat di Settings > Data Usage. Ganti aplikasi yang banyak menyedot kuota internet dengan aplikasi yang lebih hemat kuota.

#Batasi penggunaan data di background. Bertujuan untuk memotong aplikasi yang menggunakan data internet saat aplikasi tersebut berjalan di background, tapi efeknya adalah notifikasi kamu akan terlambat datang. Untuk melakukannya buka menu Settings > Data Usage > Tap tiga garis vertikal di kanan atas > Restrict background data > OK.

#Setting update aplikasi hanya saat terhubung WiFi saja. Aplikasi Android tekadang meng-update secara otomatis, alhasil kuota yang digunakan sehari-hari menjadi membengkak. Untuk mengatasinya yaitu aktifkan opsi Wifi only. Aplikasi hanya akan meng-update versinya jika smartphone terkoneksi dengan WiFi saja. Caranya: Buka menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only.

Karakteristik Sistem Operasi Jaringan – Tekno Geyik

Pengertian Sistem Operasi JaringanSistem Operasi Jaringan (Network Operating System) merupakan sebuah jenis dari sistem operasi komputer yang ditujukan khusus untuk menangani jaringan jaringan komputer sehingga komputer server mampu melayani komputer-komputer client...

Newest Dell 3189 Convertible Chromebook 11.6″ HD IPS Touchscreen, Laprtop with Corning Gorilla Glass NBT

Deskripsi Produk Newest Dell 3189 Convertible Chromebook 11.6" HD IPS Touchscreen: Processor: Intel Dual-Core Celeron N3060 Up to 2.48Hz RAM: 4GB DDR3L Memory Hardisk: 32GB eMMC SSD Storage Ukuran Layar: 11.6" HD IPS Multi-Touchscreen Display (1366 x 768) with Corning...

Latest_Dell Vostro Real Business Laptop With Core i7-8550U Processor

Deskripsi Produk Latest_Dell Vostro Real Business Laptop: Processor: 8th Generation Intel Core i7-8550U Processor (8M Cache, up to 4.0 GHz) RAM: 8GB, DDR4, 2400MHz Hardisk: 128GB Solid State Drive + 1TB 5400 rpm Hard Drive Ukuran Layar: 14.0-inch FHD (1920 x 1080)...

ASUS E402WA-WH21 Lightweight and Portable Laptop PC, Laptop With AMD Quad Core E2-6110 Processor

Spesifikasi ASUS E402WA-WH21 Lightweight and Portable Laptop PC: Processor: Efficient AMD quad-core E2-6110 1.5GHz RAM: 4GB DDR3 RAM Hardisk: 64GB eMMC Flash Storage Ukuran Layar: 14 inchesASUS E402WA-WH21 Lightweight and Portable Laptop PC adalah salah satu laptop...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *