9 Tips Mengatasi Ponsel Smartphone Lemot (Android & iOS)

Smartphone lemot memang menjadi suatu hal yang sangat mengganggu bagi kita sebagai pengguna ponsel smartphone, apalagi smartphone yang berbasis Android dengan spesifikasi RAM yang kecil. Ini menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi. Kebanyakan ponsel yang mengalami kelemotan alias kinerja ponsel melambat, memang sering muncul dari ponsel berbasis Android.

Ada juga sih smartphone berbasis iOS yang mengalami hal itu, tapi hal itu sangat jarang sekali terjadi, bahkan bisa dihitung jari saja. Karena, berdasarkan spesifikasi kinerja OS dan ponselnya, iOS lebih unggul. Namun untuk fitur lainnya, Android lah paling unggul. Dan faktanya bahwa sebagian besar pengguna perangkat mobile memilih ponsel yang berbasis Android daripada iOS. Selain faktor harga, juga kelengkapan fitur Android lebih beragam yang tidak akan didapat oleh pengguna iOS.

Seiring berjalannya waktu, ponsel smartphone yang kita gunakan akan menurun terhadap kualitas dan kinerja mesin dari ponsel tersebut. Lambat laun ponsel akan mengalami kelemotan dalam pengoperasiannya. Hal ini juga sama seperti PC atau komputer, di mana pada penggunaan jangka panjang pasti akan mengalami kinerja sistem yang mulai melambat. Namun, hal itu bisa diminimalisir dengan beberapa tips yang tepat dalam mengatasinya.

gambar: www.pricearea.com

Bagi para pengguna ponsel yang karakternya tidak sabaran, pasti mereka merasa kesal dengan kinerja ponsel yang lemot. Untuk itu, cobalah untuk bersabar dalam mengoperasikan ponsel smartphone Anda yang telah disadari agak terasa lemot. Ketika kinerja ponsel mulai terasa agak melambat, sebaiknya janganlah tergesa-gesa dalam mengoperasikannya.

Biasanya pengguna smartphone yang merasa kesal dengan ponselnya yang lemot akan langsung menyalahkan perangkatnya itu atau bahkan menyalahkan pihak operator yang sedang mengalami masalah atau terjadi gangguan. Jelas ini memang sering terjadi di kalangan masyarakat, terutama saya dan teman-teman saya, hehehe 😀

Di sisi lain, penyebab ponsel smartphone lemot mungkin disebabkan karena kelalaian dari penggunanya sendiri. Maka dari itu, untuk mengantisipasi terjadinya kelalaian dari pengguna atau hal lain yang menjadi penyebabnya, kami akan menyampaikan beberapa tips mengatasi ponsel smartphone lemot untuk OS Android & iOS. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Mengecek kapasitas memori pada smartphone

Kapasitas memori memang sangat mempengaruhi kinerja ponsel, terutama pada ketersediaan kapasitas memori internal maupun memori eksternal pada ponsel. Ketika Anda memiliki data atau file yang tersimpan pada kedua memori tersebut dalam jumlah yang banyak atau kapasitas file yang besar, tentunya ketersediaan kapasitas memori ponsel smartphone Anda akan berkurang.

Dan kinerja ponsel yang optimal sangat bergantung pada kapasitas ruang memori yang lengang. Jika muatan file yang tersimpan sangat banyak, maka kinerja ponsel sistem operasi pada ponsel pun akan mulai terasa lambat alias lemot. Hal ini harus segera diatasi agar kinerja sistem pada ponsel tidak akan terus-menerus mengalami kelemotan.

Solusinya adalah dengan menghapus atau mem-backup data-data yang memang kurang bermanfaat atau kurang diperlukan bagi kebutuhan Anda sehari-hari dalam perangkat mobile Anda.  Lalu, sebaiknya kurangi kebiasaan menyimpan data-data yang memang tidak terlalu penting bagi Anda di kemudian hari agar ketersediaan kapasitas memori untuk kinerja ponsel menjadi lebih optimal.

Selain itu, sebaiknya Anda menghapus setiap history hingga cache yang terekam dalam browser agar space memori yang tersedia lebih banyak dan bisa menjadikan kinerja ponsel smartphone akan berjalan lebih mulus. Ini merupakan salah satu solusi tepat dalam mengatasi ponsel smartphone lemot pada Android & iOS.

2. Aplikasi tidak berguna? Hapus (uninstall) saja!

Memang banyak sekali aplikasi untuk smartphone yang dapat memikat para pengguna untuk mendownloadnya. Seperti halnya aplikasi permainan atau game yang selalu membuat pengguna lupa akan kinerja dari smartphone-nya sendiri. Tidak salah sih mendownload banyak aplikasi sesuka hati, namun siap-siap saja sama akibat yang ditimbulkan dari ponsel Anda sendiri.

Jika Anda mengunduh dan menginstal aplikasi-aplikasi dalam jumlah yang banyak, maka sangat jelas sekali hal itu akan memperlambat kinerja ponsel Anda alias ponsel jadi lemot, di mana kinerja perangkat sistem karena beban besar yang harus dibaca memori juga jauh lebih berat.

Maka dari itu, solusinya adalah hapus atau uninstall semua aplikasi atau game yang sekiranya tidak berguna lagi atau jarang digunakan. Hindari instalasi aplikasi dalam jumlah banyak, agar kinerja ponsel dapat berjalan mulus.

3. Memperbarui (update) software OS

Tindakan memperbarui (update) software pada ponsel smartphone merupakan cara yang paling solutif dalam mengembalikan peforma ponsel menjadi lebih optimal. Dengan memperbarui atau mengupdate sistem operasi pada perangkat, maka dapat dipastikan peforma ponsel tidak akan lagi mengenal yang namanya “lemot”.

Dan juga, cara ini pun bisa dikatakan untuk memberikan, menambah sekaligus mendapatkan kekuatan baru bagi sistem operasi ponsel. Dengan memperbarui (update) software OS, maka kecepatan kinerja ponsel smartphone Anda akan jauh lebih optimal dari sebelumnya.

4. Buang widget yang tak diperlukan

Widgets ponsel juga menjadi salah satu penyebab ponsel lemot. Memang widgets yang terpasang pada home screen ponsel Anda bisa memudahkan Anda dalam mengakses suatu atau beberapa aplikasi secara instan.

Namun, kemudahan yang ingin Anda dapatkan pun menjadi hal yang menyusahkan sekaligus menyebalkan karena widget-widget tersebut, sehingga hal itu justru membuat kapasitas memori akan terkuras lebih banyak. Untuk itu, buang atau hapus saja widget-widget yang sekiranya tidak berguna atau tidak diperlukan, agar ponsel smartphone Anda terhidar dari tragedi ponsel lemot.

5. Pertimbangkan secara matang saat melakukan overclock maupun root

Istilah overclock maupun root awalnya dikenal hanya sebagai perangkat untuk komputer saja. Namun seiring pesatnya perkembangan teknologi, kedua perangkat tersebut kini telah hadir mengisi ke perangkat mobile.

Ketika Anda memutuskan untuk melakukan proses overclock maupun root pada ponsel Anda, sebaiknya pertimbangkan dulu sebab-akibat maupun dampak yang ditimbulkan setelah kedua proses tersebut selesai. Ternyata, dengan melakukan hal ini justru membuat baterai cepat terkuras, beberapa software bawaan pabrik menjadi tidak didukung untuk dijalankan dan bahkan bisa membuat perangkat malah menjadi lemot.

Maka dari itu, sebaiknya Anda memikirkan dan mempertimbangkannya secara matang dan bijak sebelum melakukan proses rooting pada perangkat ponsel Anda. Hal ini dikarenakan tidak ada jaminan secara pasti bahwa setelah proses rooting selesai peforma ponsel smartphone Anda akan menjadi lebih baik.

6. Tutup aplikasi di balik layar

Kejadian ini sering sekali dialami oleh sebagian besar pengguna smartphone di dunia, terutama di Indonesia, dan lebih khususnya saya pribadi, hehehe. Terkadang para pengguna ponsel lupa untuk menutup aplikasi-aplikasi setelah digunakan, bahkan langsung membuka aplikasi baru pada ponselnya tersebut. Ini juga sangat mempengaruhi kinerja ponsel menjadi lambat dan salah satu penyebab ponsel menjadi lemot.

Kenapa? Karena ketika pengguna selesai menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut tanpa menutupnya, hal tersebut justru dapat membuat baterai ponsel akan lebih cepat habis dan peforma ponsel pun akan berjalan lamban.

Untuk itu, sebelum membuka aplikasi baru, pastikan bahwa cek dulu aplikasi-aplikasi sebelumnya yang Anda gunakan telah ditutup dengan baik. Jika sudah, maka Anda bebas membuka dan menjalankan aplikasi baru tanpa hambatan alias tanpa lemot.

7. Nonaktifkan animasi

Penggunaan animasi di ponsel sih memang membuat tampilan ponsel lebih keren. Namun, hal itu akan berimbas pada tragedi ponsel menjadi lemot. Salah satu indikasi yang menyebabkan ponsel anda lemah dalam proses kinerjanya yaitu perpindahan menu yang melambat karena penggunaan fitur animasi tersebut. Biar perpindahan menu pada ponsel menjadi lebih gesit, sebaiknya matikan atau nonaktifkan saja fitur animasinya itu.

Caranya, pilih MENU SETTING » Developer Options » pilih mode OFF pada pilihan animasi tersebut, seperti windows animation scale, animator duration scale dan juga transition animation scale.

8. Nonaktifkan Live Wallpaper

Mengaktifkan fitur Live Wallpaper atau gambar bergerak ini bisa membuat daya baterai cepat terkuras habis, dan bahkan juga dapat memperlambat kinerja sistem operasi pada smartphone Anda. Untuk itu, sebaiknya gunakan wallpaper biasa saja yang tidak bergerak agar peforma ponsel dapat melaju kencang secara optimal.

9. Pemakaian MicroSD Berkualitas tinggi (High Quality)

Pemakaian atau penggunaan MicroSD juga dapat mempengaruhi kinerja sistem operasi ponsel. Namun, jangan asal dalam memilih MicroSD untuk penggunaan di ponsel Anda. Jika Anda menggunakan microSD berkualitas rendah (low quality), maka hal itu dapat memicu ponsel smartphone Anda menjadi semakin lemot, bahkan lebih parah dari itu.

Untuk itu, pastikan bahwa Anda menggunakan telah MircoSD yang berkualitas tinggi (high quality) untuk smartphone Anda agar proses kinerja smartphone anda tetep terjaga dengan baik dan tidak lemot.

Nah, demikian tips sederhana ini saya sampaikan. Semoga tips-tips ini dapat bermanfaat bagi semua pengguna ponsel smartphone Android maupun iOS.

Terima kasih Anda telah berkunjung ke sini dan membaca artikel saya yang berjudul 8 Tips Cara Mengatasi Ponsel Smartphone Lemot (Android & iOS).

Jangan lupa Like & Share artikel ini dengan menekan tombol yang tersedia di bawah ini ya 🙂

Daftar Harga Laptop Sony Vaio Terbaru Juli 2016

Sony Vaio SVE11-135CV Black, Pink, White AMD E2 2000 1.75Ghz, 2GB DDR3, 320GB, No Optical Drive, Wifi, Bluetooth, AMD Radeon HD 7340, Camera, 11.6" WXGA, Win 8 Rp 4,100,000 Sony Vaio Duo 11 SVD11-215CV Intel Core i5 3317U-1.7Ghz, RAM 4GB, HDD 128GB SSD, VGA Intel...

Daftar Harga Laptop Samsung Terbaru Juli 2016 Dan Spesifikasinya

Harga Laptop Samsung Terbaru- Sekarang kalau kita bilang merk Samsung tentunya sudah tidak asing bagi kita semua.Maka sekarang kita akan membahas sedikit tentang Laptop Samsung,seperti yang sudah banyak orang ketahui,Samsung merupakan salah satu perusahaan elektronik...

Daftar Harga Laptop Samsung Windows 8 Terbaru Juli 2016

Samsung NP270E4E-K01ID/K02IDIntel Core i3 3110M 2.4Ghz, 14" LED HD, 4GB, 500GB, DVD-RW, Card Reader, Intel HD, Wifi, Bluetooth, Camera, Win 8.1Rp 6,250,000 Samsung NP470R4E-K01IDIntel Core i5 3230M-2.6Ghz, RAM 4GB, HDD 500GB, VGA Intel HD4000, Screen 14" Wide LED,...

Daftar Harga Laptop Acer AMD Terbaru Juli 2016

Harga Laptop Acer AMD - Semakin hari semakin banyak keluarnya laptop dengan berbagai seri terbaru yang akan semakin memikat hati pengguna laptop.Dengan hadirnya berbagai jenis dan variasi yang banyak akan membuat kita menjadi lebih bingung dalam memilih laptop mana...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *