Apa itu: Factory Reset, Hard Reset dan Flashing di Android

Dari ketiga istilah yang saya sebutkan pada judul artikel kali ini (Factory Reset, Hard Reset dan Flashing), saya yakin Anda sebagai pemilik dan pengguna Smartphone “Android” pastinya sudah sering kali mendengarnya. Namun tidak menutup kemungkinan juga masih banyak teman-teman kita yang belum mengetahui secara jelas dari ketiga istilah tersebut. Nah… berdasarkan alasan inilah yang membuat saya berkeinginan untuk mencoba menjabarkan secara detail mengenai apa itu Hard Reset, Factory Reset dan Flashing di Android.

Apa itu: Factory Reset, Hard Reset dan Flashing di Android

Akan tetapi sebelum kita membahas lebih lanjut, tidak ada salahnya jika Anda membaca terlebih dahulu mengenai Istilah-istilah yang wajib diketahui bagi pengguna Android. Karena didalam artikel tersebut sebenarnya sudah pernah saya singgung sedikit mengenai istilah Hard Reset, Factory Reset dan Flashing. Yangmana inti dari ketiga istilah tersebut adalah merupakan suatu opsi (pilihan) untuk melakukan tindakan perbaikan ketika sistem operasi yang ada pada Smartphone “Android” Anda mengalami masalah alias error dan berikut adalah penjelasan dari ketiga istilah tersebut;

Mengenal Istilah Factory Reset, Hard Reset dan Flashing di Android

# Factory Reset

Sebagai pemilik dan pengguna Smartphone Android pastinya tahu dong… dimana letak menu Factory Reset? Nah… bagi yang memang belum tahu akan letak menu Factory Reset, silahkan Anda buka dan cari saja didalam menu Pengaturan (Settings) Smartphone Android Anda. Dan jika setelan bahasa yang Anda gunakan adalah bahasa Indonesia, maka arti dari Factory Reset adalah Reset Data Pabrik atau yang dikenal dengan sebutan Soft Reset.

Jadi pengertian daripada Factory Reset adalah merupakan suatu cara untuk mengembalikan settingan Smartphone Android ketika mengalami masalah pada software (sistem operasi) ke kondisi semula (default pabrikan) atau seperti waktu pertama kali Anda baru membeli Smartphone tersebut. Artinya jika Anda melakukan Factory Reset semua data yang tersimpan di memoriHP (internal) akan hilang (kecuali aplikasi bawaan/bloatware) dan akan kembali ke pengaturan awal. Selain itu Factory Reset juga merupakan satu-satunya menu yang ditampilkan didalam menu Pengaturan (Settings) untuk melakukan tindakan perbaikan ketika ada kesalahan yang terjadi pada sistem Smartphone Android. Baca juga: Cara Mengembalikan Hp Android Seperti Baru Lagi.

# Hard Reset

Pengertian dari istilah Hard Reset ini sebenarnya intinya hampir sama dengan Factory Reset yaitu sama-sama untuk memperbaiki kerusakan pada software atau pada sistem operasi Android, namun hanya caranya saja yang berbeda. Jika menggunakan jalur Factory Reset kondisi Smartphone Anda masih bisa nyala alias masih bisa masuk ke halaman menu, namun jika kondisi Smartphone tidak bisa masuk ke halaman menu utama (home) alias tidak bisa booting secara sempurna atau gagal booting atau hanya sampai logo saja alias bootloop barulah menggunakan jalur Hard Reset.

Nah… yang sering menjadi pertanyaan disini, dimana letak keberadaannya menu Hard Reset tersebut? Kan…jika menu Factory Reset itu ditampilkan melalui Antar Muka (User Interface) pada menu Pengaturan (Setting), lalu jika Hard Reset itu dimana, kok… saya cari-cari di menu Pengaturan tidak ada ya? Begini ceritanya …hehe… sebenarnya maksud daripada Hard Reset ini mungkin lebih mengarah ke istilah suatu nama tindakan perbaikan ketika ada kerusakan yang terjadi pada sistem operasi (software) Android.

Jadi secara gampangnya begini, jika Smartphone Android Anda mengalami kerusakan pada sistem operasi ataupun pada softwarenya atau Anda sudah mencoba memperbaiki melalui jalur Factory Reset namun tidak berhasil, maka opsi keduanya adalah dengan cara melalui Hard Reset. Nah… untuk melakukan proses Hard Reset, caranya Anda harus masuk ke menu Recovery Mode terlebih dahulu. Dan untuk mengetahui lebih jelasnya langsung saja menuju ke Cara Masuk Recovery Mode di semua Hp Android.

# Flashing

Sampailah kita pada tahap pembahasan yang terakhir, yaitu Flashing. Nah.. pengertian dari istilah flashing itu sendiri adalah suatu proses install ulang terhadap sistem operasi (software / firmware) Android. Dimana proses install ulang (flashing) ini merupakan opsi terakhir dalam memperbaiki segala kerusakan yang terjadi pada sistem operasi (software / firmware) Smartphone Android yang sudah tidak bisa diatasi dengan cara melalui Factory Reset maupun Hard Reset.

Demikianlah penjelasan dari istilah: Factory Reset, Hard Reset dan juga Flashing yang bisa HandRoot sampaikan. Dan untuk mengetahui tentang bagaimana cara install ulang (flashing) di semua merk dan tipe Hp Android, mungkin akan segera saya bahas di artikel selanjutnya. Sekian dan Semoga bermanfaat.

Terimakasih

Daftar Harga Laptop Sony Vaio Terbaru Juli 2016

Sony Vaio SVE11-135CV Black, Pink, White AMD E2 2000 1.75Ghz, 2GB DDR3, 320GB, No Optical Drive, Wifi, Bluetooth, AMD Radeon HD 7340, Camera, 11.6" WXGA, Win 8 Rp 4,100,000 Sony Vaio Duo 11 SVD11-215CV Intel Core i5 3317U-1.7Ghz, RAM 4GB, HDD 128GB SSD, VGA Intel...

Daftar Harga Laptop Samsung Terbaru Juli 2016 Dan Spesifikasinya

Harga Laptop Samsung Terbaru- Sekarang kalau kita bilang merk Samsung tentunya sudah tidak asing bagi kita semua.Maka sekarang kita akan membahas sedikit tentang Laptop Samsung,seperti yang sudah banyak orang ketahui,Samsung merupakan salah satu perusahaan elektronik...

Daftar Harga Laptop Samsung Windows 8 Terbaru Juli 2016

Samsung NP270E4E-K01ID/K02IDIntel Core i3 3110M 2.4Ghz, 14" LED HD, 4GB, 500GB, DVD-RW, Card Reader, Intel HD, Wifi, Bluetooth, Camera, Win 8.1Rp 6,250,000 Samsung NP470R4E-K01IDIntel Core i5 3230M-2.6Ghz, RAM 4GB, HDD 500GB, VGA Intel HD4000, Screen 14" Wide LED,...

Daftar Harga Laptop Acer AMD Terbaru Juli 2016

Harga Laptop Acer AMD - Semakin hari semakin banyak keluarnya laptop dengan berbagai seri terbaru yang akan semakin memikat hati pengguna laptop.Dengan hadirnya berbagai jenis dan variasi yang banyak akan membuat kita menjadi lebih bingung dalam memilih laptop mana...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *