Cara Memperbaiki Error Pada Google Play Store Android

Pernahkah Anda mengalami situasi ini di mana Anda menemukan aplikasi yang terkesan menarik dan mendownloadnya, lalu Anda menerima pesan error dengan angka acak yang rumit yng muncul di Google Play Store? Cukup mengganggu, kan?

Nah, berikut adalah beberapa kondisi error pada Play Store Google dan solusi untuk membantu Anda mengatasi beragam kondisi error tersebut.

Cara Memperbaiki Error Pada Google Play Store Android

Google Play Store Error DF-BPA-09 “Error Processing Purchase”

Google Play Error Processing Purchase DF-BPA-09 itu sering terjadi dan sering dialami bagi pengguna Android ketika mendownload satu atau beberapa aplikasi di Play Store. Namun masalah itu tidak akan hilang setelah Anda mencoba men-download lagi, sehingga Anda harus masuk ke pengaturan awal. Mengingat masalahnya bukan disebabkan karena pengguna individu, tetapi Google Play Store nya sendiri, dan kita berharap masalah itu akan diperbaiki dalam waktu dekat.

Sementara itu, yang bisa Anda lakukan adalah:

  • Pergi ke Pengaturan/Setting pada perangkat Anda
  • Tap pada Applications atau App Manager (namanya terkadang berbeda, bergantung pada perangkat Anda)
  • Geser ke kolom “All”.
  • Scroll ke bawah sampai Anda menemukan opsi “Google Services Framework”.
  • Pilih “clear data” dan tekan OK.

Jika cara di atas tidak berhasil, cobalah pergi ke situs Play Store Google dari perangkat Anda dan install aplikasi yang memberikan masalah pada smartphone atau tablet dari sana. Ketika Anda kembali ke perangkat Anda, mulailah menginstal aplikasi tersebut.

Google Play Store Error 495

Permasalahan:

  • Error pada proses download dan update aplikasi di Play Store

Solusi:
Silakan hapus semua data Play Store Google Anda pada: Pengaturan/Settings > Apps > All > Google Play Store > Clear data.

Selain itu, hapus juga semua data dari Google Services Framework. (Catatan: ini akan menetapkan ID Google baru ke perangkat Anda (seperti Anda melakukan reset ulang – factory reset), yang berarti aplikasi Google Anda sementara mungkin bereaksi sedikit setelah itu).

Dan juga hapus semua data akun Google pada perangkat Anda, dengan cara reboot ponsel dan menambahkan ulang data akun Google Anda pada: Settings > Accounts > Add Account > Google Account.

Google Play Store Error 941

Permasalahan: 

  • Gangguan atau gagal selama proses update

Solusi:
Silakan pergi ke menu Settings > Apps > All > Google Play Store, lalu hapus semua penggunaan data and cache browser pada perangkat Anda. Pada menu pengaturan yang sama, silakan scroll ke bawah untuk temukan Download Manager dan hapus juga cache dan datanya.

Setelah itu, cobalah lakukan proses update aplikasi pada perangkat Anda.

Google Play Store Error 504

Permasalahan:

  • Aplikasi tidak dapat diunduh karena error/kesalahan.

Solusi:
Pergi ke menu Settings > Apps > All > Google Play Store, lalu hapus cache dan data aplikasi. Dan hapus juga cache dan data pada Google Services Framework.

Google Play Store Error 491

Permasalahan:

  • Tidak memungkinkan untuk proses download dan update.

Solusi:
Hapus detail akun Google dari pengaturan perangkat Anda. Lalu, reboot/restart perangkat Android Anda dan tambahkan detail akun Google Anda sekali lagi. Selanjutnya masih dalam pengaturan, pergi ke menu Apps (Aplikasi) dan geser untuk menemukan opsi “All”. Scroll ke bawah hingga menemukan opsi Google Services, lalu klik hapus data dan akhirnya berhenti secara paksa.

Google Play Store Error 498

Permasalahan:

  • Gangguan/gagal mendownload aplikasi dari Google Play Store.

Solusi:
Permasalahan ini dikarenakan penuhnya cache data pada perangkat Anda. Untuk itu, silakan hapus aplikasi maupun file yang tidak perlu. Restart smartphone Anda dalam modus pemulihan dengan menekan volume bawah, power dan tombol home (untuk perangkat Samsung), atau volume bawah dan power (untuk sebagian besar perangkat lain).

Mode pemulihan ini memberikan beberapa pilihan. Pilih menghapus partisi cache dengan menavigasi antara pilihan dengan volume rocker. Lalu, konfirmasi menggunakan tombol power.

Google Play Store Error 919

Permasalahan:

  • Download aplikasi memang bekerja, tapi tidak terbuka sekali download.

Solusi:
Kondisi error ini terjadi karena kecilnya ruang penyimpanan pada perangkat Android Anda. Untuk itu, hapus semua data yang tidak perlu, seperti musik, video, dan aplikasi berkapasitas besar lainnya.

Google Play Store Error 413

Permasalahan:

  • Tidak memungkinkan untuk mendownload aplikasi atau pun update aplikasi. Jika Anda menggunakan proxy, ingat bahwa hal itu dapat menyebabkan masalah dengan operasi Google Play Store.

Solusi:
Pada menu pengaturan/settings, silakan cari opsi menu Apps (atau application manager), lalu geser ke All. Gulir ke bawah hingga menemukan opsi Layanan Google atau Google Services, tekan pada clear data dan kemudian berhenti secara paksa. Lakukan hal yang sama dengan aplikasi Google Play Store dan hapus cache dari browser internet Anda.

Google Play Store Error 921

Permasalahan:

  • Anda tidak bisa mendownload sebuah/beberapa aplikasi

Solusi:
Cobalah hapus cache pada aplikasi Play Store. Jika cara itu tidak berhasil, maka cobalah hapus semua data aplikasi Play Store tersebut, tapi harap diketahui bahwa cara ini mengakibatkan akan menghapus semua pengaturan yang telah Anda buat/costumize sendiri. Sebagai usaha terakhir, menghapus akun Google Anda, restart perangkat dan memasukkannya kembali.

Google Play Store Error 403

Permasalahan:

  • Proses download yang tidak dimungkinkan dan permintaan tersebut “forbidden” atau dilarang. Biasanya ini terjadi ketika dua akun Google yang digunakan untuk membeli aplikasi pada satu perangkat.

Solusi:
Pertama, silakan pergi ke Google Play Store dengan akun yang benar. Lakukan pencopotan instalasi (uninstall) aplikasi yang bersangkutan tersebut. Selanjutnya cobalah untuk mendapatkan aplikasi dari Google Play lagi dan klik tombol pembelian.

Kedua, hapus proxy yang Anda gunakan dan yang telah Anda atur pada menu pengaturan/settings, lalu pilih Wireless and Networks (atau More networks) dan Mobile Network. Pilih APN (Access Point Name), lalu pilih opsi Clear Proxy.

Setelah itu, Anda selalu dapat menggunakan proxy semula.

Ketiga, solusi lainnya ialah dengan menghapus seluruh riwayat penelusuran di Play Store sendiri dengan memilih tombol pengaturan. Selanjutnya, pilih Hapus riwayat penelusuran.

Keempat, cobalah buat akun Google baru menggunakannya untuk Play Store. Setelah itu, pergi ke Google Play Store, pilih tombol menu lagi. Kemudian pilih akun dan pilih akun Gmail baru. Kemudian kembali menginstal aplikasi.

Google Play Store Error 923

Permasalahan:

  • Proses download tidak dimungkinkan: terjadi error ketika mensinkronisasikan/menghubungkan akun Google ke perangkat Anda, atau kapasitas memori cache sudah tidak cukup.

Solusi:
Hapus akun Google Anda dan hapus aplikasi tidak berguna yang memakan ruang penyimpanan perangkat. Dilanjutkan dengan reboot perangkat Anda dalam mode pemulihan (recovery mode). Pilih hapus partisi cache (wipe cache partition) dan gunakan perangkat Anda seperti biasanya.

Jangan khawatir, data personal Anda tidak akan terhapus. Aturlah akun Google Anda sekali lagi.

Google Play Store Error 492

Permasalahan:

  • Tidak memungkinkan untuk menginstal suatu aplikasi karena cache Dalvik.

Solusi:
Silakan masuk ke menu Pengaturan/Settings, cari dan pilih opsi Apps, lalu geser ke opsi All dan gulir ke bawah dan pilih opsi Google Services. Di sini, pilih clear data dan kemudian force stop menghentikan aplikasi secara paksa. Lakukanlah cara yang sama pada aplikasi Google Play Store di perangkat Anda.

Catatan: Jika cara di atas telah dilakukan dan tidak mengatasi permasalahan ini, maka cobalah menghapus cache Dalvik tersebut. Untuk melakukan ini, silakan masuk ke dalam mode pemulihan atau recovery mode (jika perangkat Anda hanya memiliki root).

Solusi lainnya ialah melengkapi data wipe atau bahkan melakukan factory reset (reset pabrik) pada perangkat Anda. Pilihan ini berlaku untuk semua pengguna dan dapat dilakukan dalam mode recovery. Hati-hati, cara ini jelas akan menghapus semua data Anda! Jadi, pastikan Anda telah membuat cadangan (backup file) semua file penting yang ingin Anda simpan.

Google Play Store Error 927

Permasalahan:

  • Proses download yang tidak dimungkinkan karena proses update terhadap aplikasi Play Store sedang berlangsung.

Solusi:
Silakan tunggu beberapa menit hingga aplikasi Google Play Store telah selesai diupgrade. Jika masalah tersebut berlanjut, silakan pergi ke menu Pengaturan/Settings > Apps > All > Google Services. Pada menu Google Services, silakan tap pada opsi clear data dan kemudian pilih force stop. Lakukanlah cara yang sama dalam aplikasi Google Play Store.

Anda mungkin telah menyadarinya sekarang bahwa ada cara standar untuk mengurangi beberapa kesalahan-kesalahan yang muncul di atas. Jika ada masalah selain yang disebutkan di atas, Anda bisa mencoba mengikuti langkah-langkah yang sama.

Selalu berhati-hati bahwa ketika Anda menghapus data atau melakukan reset pabrik (factory reset). Hal ini akan menghapus gambar, file, kontak, dll yang telah tersimpan di perangkat, sehingga untuk tetap menyimpan kesemua file itu, Anda harus membuat backup data terlebih dahulu.

Google Play Store install error 961

Permasalahan:

  • Bermasalah ketika sedang menginstal aplikasi-aplikasi yang telah didownload dari Play Store.

Solusi:
Jika aplikasi yang telah Anda download memang berbayar, maka Anda bisa mendapatkan pengembalian dana dari Play Store yang bisa Anda lakukan dalam waktu 15 menit dari pembelian. Untuk melakukan hal ini, pilih opsi pembayaran di Play Store.

Selanjutnya, masuk ke pengaturan/settings pada perangkat Anda dan pilih opsi Apps dan menggeser ke kiri sampai Anda melihat “All”. Sekarang gulir ke bawah ke Google Play lalu pilih. Di sini, Anda ingin mengosongkan cache. Dan jika masalah ini terus berlanjut, pilih untuk menghapus data.

Pernahkah Anda menemukan masalah Play Store lainnya selain masalah yang telah saya tulis di atas? Yuk share error yang Anda alami di kolom komentar di bawah ini. 🙂

Daftar Harga Laptop Sony Vaio Terbaru Juli 2016

Sony Vaio SVE11-135CV Black, Pink, White AMD E2 2000 1.75Ghz, 2GB DDR3, 320GB, No Optical Drive, Wifi, Bluetooth, AMD Radeon HD 7340, Camera, 11.6" WXGA, Win 8 Rp 4,100,000 Sony Vaio Duo 11 SVD11-215CV Intel Core i5 3317U-1.7Ghz, RAM 4GB, HDD 128GB SSD, VGA Intel...

Daftar Harga Laptop Samsung Terbaru Juli 2016 Dan Spesifikasinya

Harga Laptop Samsung Terbaru- Sekarang kalau kita bilang merk Samsung tentunya sudah tidak asing bagi kita semua.Maka sekarang kita akan membahas sedikit tentang Laptop Samsung,seperti yang sudah banyak orang ketahui,Samsung merupakan salah satu perusahaan elektronik...

Daftar Harga Laptop Samsung Windows 8 Terbaru Juli 2016

Samsung NP270E4E-K01ID/K02IDIntel Core i3 3110M 2.4Ghz, 14" LED HD, 4GB, 500GB, DVD-RW, Card Reader, Intel HD, Wifi, Bluetooth, Camera, Win 8.1Rp 6,250,000 Samsung NP470R4E-K01IDIntel Core i5 3230M-2.6Ghz, RAM 4GB, HDD 500GB, VGA Intel HD4000, Screen 14" Wide LED,...

Daftar Harga Laptop Acer AMD Terbaru Juli 2016

Harga Laptop Acer AMD - Semakin hari semakin banyak keluarnya laptop dengan berbagai seri terbaru yang akan semakin memikat hati pengguna laptop.Dengan hadirnya berbagai jenis dan variasi yang banyak akan membuat kita menjadi lebih bingung dalam memilih laptop mana...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *