Cara Mudah & Efektif Mencegah Virus Komputer Masuk

Mencegah Virus komputer datang lebih baik dari pada membasmi atau menghilangkan. Sebab virus bisa masuk ke komputer kita sebagian besar karena kelalaian dan perlindungan kita yang kurang. Jadi apabila kita melindungi komputer dari segala sebab – sebab masuknya virus, kemungkinan akan aman – aman saja. 


Sebenarnya virus komputer merupakan software atau perangkat lunak, tepatnya bisa digolongkan sebagai perangkat lunak perusak. Namun begitu bukanlah hal yang sangat berbahaya sehingga komputer kita harus dan jangan sampai terinfeksi. Memang ada bebreapa jenis Virus komputer yang cukup menyebalkan dan membuat kita jengkel. 

Sepanjang saya mengenal komputer, belum pernah menjumpai virus komputer yang dapat merusak sistem hingga membuat komputer mati total secara mendadak. Sehingga komputer tidak dapat berfungsi lagi. Apakah anda pernah menjumpainya ? 

Cara Mencegah Virus Masuk Ke Dalam Komputer

Seperti yang telah saya utarakan diatas, bawha Virus komputer tidak akan masuk begitu saja tampa ada sebab sebelumnya. Oleh sebab itu perlu kita ketahui beberapa sebab dan sekaligus bagaimana cara meminimalisir sebab – sebab tersebut. Langsung saja, berikut beberapa opsi yang perlu kita ketahui dalam mencegah Virus komputer menyerang. 

1. Pasang Antivirus

Hal yang perlu kita lakukan pertama kali adalah memasang atau menginstall Antivirus di dalam komputer kita. Ada berbagai macam jenis Antivirus yang ada sekarang ini, manakah yang akan kita gunakan ? Kalau menurut saya, pasng Antivirus yang paling kuat dan paling lengkap pertahanannya. 

Dalam memaang Antivirus, agar efektif dan berfungsi maksimal. Berikut ini hal – hal yang perlu anda perhatikan :

  • Jangan terlalu banyak menggunakan Antivirus, gunakan beberapa namun yang memiliki fungsi berbeda
  • Selalu update Antivirus tersebut setiap saat ada update terbaru. Untuk yang satu ini anda perlu memiliki licensi yang legal.
  • Coba scan secara berkala, namun usahakan seting Antivirus yang dapat mendeteksi device (memory) ketika pertama kali masuk ke komputer.

2. Selektif Ketikla Mendownload Aplikasi Onloine 

Jaringan internet adalah sumber Virus paling besar. Kita tidak pernah tahu siapa pemilik website yang sedang kita akses. Dan apa isi di dalamnya. Memang benar, banyak juga website yang memberikan aplikasi (software) secara gratis. Namun ada juga yang memanfaatkan kesempatan ini untuk menyisipkan Virus ke dalam komputer kita. 

Oleh sebab itu, cara terbaik untuk mencegah Virus komputer masuk adalah dengan berhati – hati ketika mendownload aplikasi atau file tertentu dari internet. Perhatikan ketika melakukan instalasi software tersebut, biasanya terdapat software lain yang terdapat di dalamnya. Jenis virus malware paling sering masuk melalui hal sepereti ini.

3. Berhati – Hati Ketika Fleshdisk Orang Masuk Ke Komputer Kita

Komputer yang saya pakai pernah berberapa kali terinfeksi Virus karena hal ini. Ya memang, hal ini karena dulu Antivirus yang ada di komputer saya tidak up to date. Sehingga perlindungan terhadap beberapa jenis Virus baru tidak aktif akhirnya, hanya sekali colok Flashdisk, komputer langsung terinfeksi Virus. Biasanya Virus Shortcut yang seing masuk melalui cara ini. 

Namun anda jangan khawatir, Antivirus yang sekarang ada sudah cukup bagus untuk menangani dan mencegah Virus Shortcut. Hal ini karena Virus tersebut sepertinya tidak bermetamorfosis, sedangkan Antivirus selalu dibuat baru dan up to date. Namun ada baiknya juga tidak sembarangan dalam bertukar file melalui Flashdisk.

4. Non Aktifkan Autorun

Cara ke empat yang bisa anda lakukan untuk mencegah Virus komputer menginfeksi sistem anda adalah dengan mematikan fungsi Autorun. Hal ini akan mencegah otomatisasi ketika ada file – file virus yang dibuat menjadi Autorun. Sehingga ketika masuk ke komputer kita, file Virus tersebut tidak langsung otomatis terinstall dan menginfeksi seluruh sistem. 

5. Gunakan Software Deep-freeze

Cara ini memang sedikit Ribet. Mengapa demikian, karena kita harus selalu menonaktifkan sofware ini ketika akan menginstall software ke komputer. Deep-Freeze ini layaknya karung yang membungkus sistem komputer kita. Ketika komputer dipasang softwaer, maka posisinya berada di luar karung tersebut. 

Ketika komputer restart, semua instalasi yang terdapat di luar karung akan hilang dan terlepas. Jadi apapun yang menginfeksi komputer kita masuknya diluar sistem alias diluar karung. Mungkin ada diantara anda yang mengenal software ini disaat tenarnya sekitar tahun 2010 lalu. 

Bagaimana apabila komputer kita ternyata telah terinfeksi virus tanpa kita sadari. Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hal ini :

  • Coba scan dengan Antivirus yang sudah terupdate
  • Apabila antivirus tersebut tidak mampu, ganti dengan antivirus yang lain yang dipandang lebih kuat 
  • Bila semua cara telah ditempuh, maka lakukan instal ulang windows kemudian jangan melakukan instal software dari master program yang tersimpan di komputer anda. 

Mungkin ini saja tutorial singkat yang bisa saya bagikan kepada anda, semoga bisa bermanfaat, minimal dapat menambah wawasan kita mengenai maintenance dan trouble shooting permasalahan komputer. 

Karakteristik Sistem Operasi Jaringan – Tekno Geyik

Pengertian Sistem Operasi JaringanSistem Operasi Jaringan (Network Operating System) merupakan sebuah jenis dari sistem operasi komputer yang ditujukan khusus untuk menangani jaringan jaringan komputer sehingga komputer server mampu melayani komputer-komputer client...

Newest Dell 3189 Convertible Chromebook 11.6″ HD IPS Touchscreen, Laprtop with Corning Gorilla Glass NBT

Deskripsi Produk Newest Dell 3189 Convertible Chromebook 11.6" HD IPS Touchscreen: Processor: Intel Dual-Core Celeron N3060 Up to 2.48Hz RAM: 4GB DDR3L Memory Hardisk: 32GB eMMC SSD Storage Ukuran Layar: 11.6" HD IPS Multi-Touchscreen Display (1366 x 768) with Corning...

Latest_Dell Vostro Real Business Laptop With Core i7-8550U Processor

Deskripsi Produk Latest_Dell Vostro Real Business Laptop: Processor: 8th Generation Intel Core i7-8550U Processor (8M Cache, up to 4.0 GHz) RAM: 8GB, DDR4, 2400MHz Hardisk: 128GB Solid State Drive + 1TB 5400 rpm Hard Drive Ukuran Layar: 14.0-inch FHD (1920 x 1080)...

ASUS E402WA-WH21 Lightweight and Portable Laptop PC, Laptop With AMD Quad Core E2-6110 Processor

Spesifikasi ASUS E402WA-WH21 Lightweight and Portable Laptop PC: Processor: Efficient AMD quad-core E2-6110 1.5GHz RAM: 4GB DDR3 RAM Hardisk: 64GB eMMC Flash Storage Ukuran Layar: 14 inchesASUS E402WA-WH21 Lightweight and Portable Laptop PC adalah salah satu laptop...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *