Cara Paling Efektif Meningkatkan Kinerja Komputer

Cara meningkatkan kinerja komputer sebenarnya tidak sulit. Dan hal ini tidak jauh berbeda dengan mengatasi komputer lemot. Jika kita tahu penyebab mengapa kinerja komputer kita menurun. Maka solusinya tinggal menghilangkan semua penyebab tersebut. Namun demikian, beberapa langkah yang akan dibahas ini bisa anda coba nantinya. 
Jika kita berbicara dengan kemampuan komputer, maka kita kembalikan lagi ke spek komputer. Apakah memang komputer kita memiliki standar spek yang super, atau hanya pas – pasan saja. Kinerja sebuah perangkat komputer bisa dianalisa dari dua sisi. Karena komputer tersusun atas dua perangkat, yaitu perangkt keras dan perangkat lunak komputer. 

Jadi dari sini kita sudah bisa petakan ketika komputer kita mengalami penurunan setelah digunakan sekian tahun. Ada cukup banyak kemungkinan penyebabnya, dan kita akan memilih beberapa opsi yang benar – benar efektif untuk meningkatkan kinerja komputer anda. 

Cara Jitu Meningkatkan Kinerja Komputer

cara meningkatkan kinerja komputer

1. Upgrade Hardware (Perangkat Keras Komputer)

Mungkin sedikit terkesan agak buru – buru, namun inilah hal yang paling efektif untuk membuat kinerja komputer kita meningkat. Untuk membuktikannya, anda bisa bandingkan komputer anda dengan milik teman anda yang dirasa kinerjanya lumayan bagus. 

Silahkan anda coba cek spesifikasinya, khususnya bagian Harware atau perangkat keras komputer. Berikut ini beberapa perangkat yang perlu kiranya anda Upgrade untuk meningkatkan kinerja PC atau komputer anda. 

# RAM

RAM (Random Acess Memory), merupakan salah satu perangkat yang cukup berpengaruh terhadap kinerja komputer. Kecepatan akses ditentukan oleh kapasitasnya perangkat ini. Jika komputer anda memiliki kapasitas RAM yang lebih kecil dari milik teman anda, maka benar adanya. Untuk menyamai, solusinya adalah Upgrade kapasitas RAM. 

# Processor

Kedua, bila anda sudah cek RAM, periksa juga Processornya. Bisa jadi komputer anda memang memiliki processor yang sudah cukup tua, dan sudah lam sekali. Seperti komputer milik saya yang sudah hampir 10 tahun. Sekarang kinerjanya sudah menurun dibandingkan dengan komputer keluaran baru. 

Namun ini opsi ke dua, pertama RAM. Karena mengganti processor gampang – gampang susah. Harus disesuaikan dengan slot pada Motherboard. Namun jika anda mau dan mampu. Upgrade juga Motherboardnya. Dan saya jamin benar – benar meningkat kinerjanya. 

2. Kencangkan Soket Perangkat Yang Kendor

Coba anda periksa CPU anda. Buka Casing dan lihat apakah ada perangkat yang soketnya kendor atau bahkan terlepas. Hal ini juga bisa menyebabkan kinerja komputer menurun karena aliran arus listrik menjadi terganggu. Jika iya, kencangkan kembali. 

3. Bersihkan Perangkat Keras Komputer

Komputer yang sudah digunakan bertahun – tahun tanpa pernah dibuka dan dibersihkan tentu akan membuat kinerjanya menurun. Seperti yang barusan kita bahas, bisa jadi soket kendor atau memang sudah sangat kotor, sehingga mengaggu proses jalannya arus listrik yang mengalir. 

Coba anda bongkar, anda copot semua perangkat keras yang ada pada CPU. Bersihkan dengan benar, hingga benar – benar bersih. Kemudian anda coba rakit ulang dengan hati – hati. Bila memang penyebabnya dari situ, maka setelah dipasang ulang kinerja komputer anda akan meningkat. 

4. Instal Ulang Sistem Operasi (Windows)

Karena terbiasa menggunakan Windows, jadi seolah – olah tidak ada sistem operasi lainnya. Padahal masih banyak sistem operasi yang lain yang digunakan di komputer. Tidak mengapa ! Meningkatkan kinerja komputer setelah dari sisi Harware kita susuli dengan maintenance dari software. 

Pertama yang paling penting adalah Sistem Operasi. Usahakan gunakan yang Original, Asli sehingga kinerjanya bertambah baik. Sesuaikan dengan spek komputer anda, gunakan saja sistem operasi yang ringan. 

5. Matikan Visual Efek dan Widget 

Kemudian, kinerja komputer juga akan bertambah berat apabila terlalu banyak efek visual yang bekerja pada komputer. Maka matikan saja visual efek yang ada dan biarkan komputer berjalan tanpa efek macam – macam. Selain visual efek, matikan juga widget yang mungkin aktif di komputer sanda. 

6. Lakukan Maintenance Standar

Coba lakukan maintenance standar yang biasa rutin dilakukan pada komputer. Berikut ini beberapa opsi maintenance yang perlu anda coba lakukan untuk meningkatkan kinerja komputer

7. Pasang Antivirus Terbaik & Update

Terakhir coba gunakan antivirus terbaik yang selalu anda update. Gunakan satu macam antivirus yang memiliki multi fungsi. Terlalu banyak memasang antivirus justru malah akan membuat kinerja komputer menurun dan bahkan bisa mengakibatkan eror seperti blue screen. 

Mungkin hanya ini saja yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini sebagai update tips yang dulu pernah saya tulis di sini tentang cara meningkatkan kinerja komputer. Silahkan dicoba, semoga bermanfaat !

Karakteristik Sistem Operasi Jaringan – Tekno Geyik

Pengertian Sistem Operasi JaringanSistem Operasi Jaringan (Network Operating System) merupakan sebuah jenis dari sistem operasi komputer yang ditujukan khusus untuk menangani jaringan jaringan komputer sehingga komputer server mampu melayani komputer-komputer client...

Newest Dell 3189 Convertible Chromebook 11.6″ HD IPS Touchscreen, Laprtop with Corning Gorilla Glass NBT

Deskripsi Produk Newest Dell 3189 Convertible Chromebook 11.6" HD IPS Touchscreen: Processor: Intel Dual-Core Celeron N3060 Up to 2.48Hz RAM: 4GB DDR3L Memory Hardisk: 32GB eMMC SSD Storage Ukuran Layar: 11.6" HD IPS Multi-Touchscreen Display (1366 x 768) with Corning...

Latest_Dell Vostro Real Business Laptop With Core i7-8550U Processor

Deskripsi Produk Latest_Dell Vostro Real Business Laptop: Processor: 8th Generation Intel Core i7-8550U Processor (8M Cache, up to 4.0 GHz) RAM: 8GB, DDR4, 2400MHz Hardisk: 128GB Solid State Drive + 1TB 5400 rpm Hard Drive Ukuran Layar: 14.0-inch FHD (1920 x 1080)...

ASUS E402WA-WH21 Lightweight and Portable Laptop PC, Laptop With AMD Quad Core E2-6110 Processor

Spesifikasi ASUS E402WA-WH21 Lightweight and Portable Laptop PC: Processor: Efficient AMD quad-core E2-6110 1.5GHz RAM: 4GB DDR3 RAM Hardisk: 64GB eMMC Flash Storage Ukuran Layar: 14 inchesASUS E402WA-WH21 Lightweight and Portable Laptop PC adalah salah satu laptop...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *