Fungsi dan Sasaran Sistem Operasi

Berdasarkan definisi-definisi di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem operasi mempunyai dua tugas utama, yaitu (Prasojo & Riyanto 2011) :
1.      Pengelola seluruh sumber daya sistem komputer (sebagai resource manager). Sumber daya sistem komputer adalah semua komponen di sistem komputer yang dapat memberi manfaat. Sumber daya ini terdiri dari dua macam, yaitu : sumber daya fisik (seluruh perangkat keras utama dana tambahan) dan abstrak (data dan program).
2.      Sistem operasi sebagai penyedia layanan (sebagai extended/virtual machine). Sistem operasi menyediakan sekumpulan layanan (disebut system calls) ke pengguna sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan atau pemanfaatan sumber daya sistem komputer. Layanan-layanan yang dimaksud antara lain (Prasojo & Riyanto 2011) :
·         Pembuatan program. Sistem operasi menyediakan beragam fasilitas dan layanan untuk membantu pemrogram menulis program, biasanya berbentuk program utilitas. Program utilitas bukan bagian dari sistem operasi, tetapi dapat diakses melalui sistem operasi.
·         Eksekusi program. Sejumlah tugas perlu dilakukan untuk mengeksekusi program. Instruksi-instruksi dan data harus dimuat ke memori utama, berbagai perangkat masukan/keluaran dan berkas harus diinisialisasi, dan berbagai sumber daya harus disiapkan. Sistem operasi harus menangani semua itu untuk pengguna/program.
·         Pengeksekusian perangkat masukan / keluaran. Pada sistem dengan banyak pengguna simultan, sistem operator menyediakan mekanisme proteksi untuk mengendalikan pengaksesan terhadap berkas.
·         Pengaksesan terkendali terhadap berkas. Pada sistem publik atau dipakai bersama (shared system), sistem operasi mengendalikan pengaksesan ke berbagai sumber daya sistem secara keseluruhan. Fungsi pengaksesan harus menyediakan proteksi terhadap sumber daya dan data dari pengguna yang tidak diotorisasi, serta harus menyelesaikan konflik-konflik dalam perebutan sumber daya.
·         Deteksi dan memberi tanggapan terhadap kesalahan. Beragam kesalahan dapat muncul di sistem komputer. Sistem operasi harus memberi tanggapan yang menjelaskan kondisi kesalahan dengan dampak terkecil bagi aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan. Tanggapan dapat berupa pengakhiran program yang menyebabkan kesalahan, mencoba ulang, atau sekedar melaporkan kesalahan, dan sebagainya.
·         Akunting. Sistem operasi yang bagus mengumpulkan data statistik penggunaan beragam sumber daya dan memonitor parameter kinerja seperti waktu tanggap. Pada suatu sistem, informasi ini berguna dalam mengantisipasi kebutuhan di masa datang dan dalam menyesuaikan sistem untuk meningkatkan kinerja. Pada sistem banyak pengguna (multiuser system) yang disewakan, informasi ini digunakan untuk penagihan ongkos pemakaian.
            Menurut William Stalling, sistem operasi mempunyai tiga sasaran, yaitu (Prasojo & Riyanto 2011) :
1.      Kenyamanan. Sistem operasi harus membuat penggunaan komputer lebih nyaman.
2.      Efisiensi. Sistem operasi menjadikan penggunaan sumber daya sistem komputer secara efisien.
3.      Mampu berevolusi. Sistem operasi harus dibangun, sehingga memungkinkan dan memudahkan pengembangan, pengujian dan pengajuan fungsi-fungsi yang baru tanpa mengganggu layanan yang dijalankan sistem komputer.
Bibliography :
Prasojo, L.D. & Riyanto, 2011. TEKNOLOGI INFORMASI PENDIDIKAN, Yogyakarta: GAVA MEDIA.

Karakteristik Sistem Operasi Jaringan – Tekno Geyik

Pengertian Sistem Operasi JaringanSistem Operasi Jaringan (Network Operating System) merupakan sebuah jenis dari sistem operasi komputer yang ditujukan khusus untuk menangani jaringan jaringan komputer sehingga komputer server mampu melayani komputer-komputer client...

Newest Dell 3189 Convertible Chromebook 11.6″ HD IPS Touchscreen, Laprtop with Corning Gorilla Glass NBT

Deskripsi Produk Newest Dell 3189 Convertible Chromebook 11.6" HD IPS Touchscreen: Processor: Intel Dual-Core Celeron N3060 Up to 2.48Hz RAM: 4GB DDR3L Memory Hardisk: 32GB eMMC SSD Storage Ukuran Layar: 11.6" HD IPS Multi-Touchscreen Display (1366 x 768) with Corning...

Latest_Dell Vostro Real Business Laptop With Core i7-8550U Processor

Deskripsi Produk Latest_Dell Vostro Real Business Laptop: Processor: 8th Generation Intel Core i7-8550U Processor (8M Cache, up to 4.0 GHz) RAM: 8GB, DDR4, 2400MHz Hardisk: 128GB Solid State Drive + 1TB 5400 rpm Hard Drive Ukuran Layar: 14.0-inch FHD (1920 x 1080)...

ASUS E402WA-WH21 Lightweight and Portable Laptop PC, Laptop With AMD Quad Core E2-6110 Processor

Spesifikasi ASUS E402WA-WH21 Lightweight and Portable Laptop PC: Processor: Efficient AMD quad-core E2-6110 1.5GHz RAM: 4GB DDR3 RAM Hardisk: 64GB eMMC Flash Storage Ukuran Layar: 14 inchesASUS E402WA-WH21 Lightweight and Portable Laptop PC adalah salah satu laptop...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.