Komputer Lemot : Inilah Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Komputer lemot, hal ini wajar – wajar saja, karena komputer merupakan perangkat eloektronik yang memiliki batasan waktu dan kinerja tertentu. Bukan berarti mesin itu tidak bisa capek, seperti manusia komputer juga bisa capek. Dan dalam kondisi seperti ini, performa komputer bisa saja menurun sehingga membuat lelet atau lemot. 

Yang penting sebagai pengguna komputer, kita paling tidak bisa menggunakan komputer dengan benar. Selain itu, minimal mengetahui bagaimana langkah – langkah atau trouble shooting ketika ada maslah pada komputer kita. Seperti ketika komputer terasa lemot atau lelet, setidaknya kita tahu cara mengatasi komputer lemot. 

Belum tahu ? Jangan khawatir, karena pada kesempatan ini Tekno Geyik akan berbagi tips bagaimana memperbaiki komputer lemot atau terasa lelet saat digunakan. Namun sebelumnya, kita harus tahu dulu, apa saja sih yang bisa menyebabkan komputer kita lemot ? 

Penyebab Komputer Lemot

cara mengatasi komputer lemot
Sebagaimana kita ketahui, komputer terdiri dari perangkat lunak (software) dan juga perangkat keras (hardware). Jadi menurut saya, penyebabnya tidak jauh – jauh dari dua faktor tersebut, apa saja ? 

1. Low Sistem Disk Space

Komputer lelet bisa disebabkan karena kapasitas ruang penyimpanan sistem sudah penuh atau dalam istilah teknis disebut “Low disk space”. Hal ini biasanya karena sudah banyak sekali program (aplikasi) komputer yang terinstal. 

2. Sampah Komputer Menumpuk

Kemungkinan yang kedua ini juga bisa terjadi. Sebagaimana kita ketahui ketika kita melakukan perintah apapun di komputer, otomatis akan terbentuk file temporary. Apabila komputer kita sudah bertahun – tahun pastinya file ini akan menumpuk dan dapat mempengaruhi kinerja komputer menjadi lemot. 

3. Terjangkit Virus Komputer

Memang jarang kita temukan, virus komputer menyebabkan komputer mati total. Namun terkadang Virus komputer tertentu membuat komputer kita lemot, contohnya jenis malware dan spayware. Hal ini benar – benar menyebalkan. 

4. Terlalu Banyak Software on Startup

Bisa jadi startup program di komputer anda terlalu banyak. Jadi ketika windows dinyalakan aplikasi yang aktif secara bersamaan terlalu banyak sehingga membuat proses boating lemot dan berat. 

5. Sistem Operasi Corrupt

Komputer lemot juga bisa terjadi karena ada beberapa file penting yang ada pada sistem operasi corrupt/eror/rusak atau bahkan menghilang. Hal ini ototmatis akan membuat kerja komputer melambat. 

6. Hard Disk Rusak

Hal ini sering terjadi, dan saya beberapa kali pernah mengalaminya. Komputer terasa lelet juga dapat disebabkan karena hardisk rusak. Bisa karena sudah lama, atau bisa juga karena faktor lain. 

7. Overheating

Anda tahu fungsi fan di dalam CPU komputer, tentu saja untuk pendingin agar tidak terjadi pemanasan yang berlebihan pada komputer. Nah, salah satu penyebab komputer leemot atau bahkan mati tiba – tiba adalah karena overheating. 

Nah,itulah kira – kira beberapa penyebab yang bisa membuat komputer menjadi lemot atau lelet sehingga kinerjanya terasa berkurang. Lalu apa yang harus kita lakukan ? Sebagaimana yang sudah kita utarakan diatas, tentu saja kita harus tahu bagaimana cara mengatasi komputer lemot. 

Karena kita sudah mengetahui beberapa kemungkinan penyebab yang dapat membuat komputer lelet, otomatis solusi komputer lemot yang terbaik adalah dengan mengatasi penyebab itu satu persatu. 

Cara Memperbaiki Komputer Lemot

1. Memperbesar Kapasitas Hardisk Komputer

Diatas terdapat dua penyebab yang membuat komputer lambat yang bersumber dari hardisk. Pertama kapasitas ruang berkurang dan yang kedua adalah hardisk rusak atau sudah berkurang kesehatannya. Jika penyebabnya karena Low Disk Space maka ada beberapa cara mengatasinya. 

  1. Uninstall program komputer yang tidak digunakan, pilih software yang penting – penting saja, yang anda gunakan sehari – hari. 
  2. Backup file penting anda yang memiliki kapasitas besar dan sudah tidak digunakan. Anda bisa memindahkannya pada DVD.
  3. Lebih baik apabila Partisi Sitem lebih diperbesar dibanding dengan partisi untuk menaruh file – file lainnya. 

Apabila penyebab komputer lelet ternyata datang dari hardisk yang sudah tidak sehat atau rusak. Biasanya ini ditandai dengan sulitnya proses boating, dan juga terkadang selalu minta repair. Maka tidak ada solusi lain selain mengganti hardisk dengan yang baru. 

2. Bersihkan Sampah Komputer Yang Menumpuk

Cara mengatasi komputer lemot berikutnya yaitu dengan membersihkan sampah komputer yang menumpuk. Sampah komputer yang dimaksud di sini yaitu temporary file yang selalu muncul dan terbentuk saat kita melakukan aktifitas (perintah) di komputer. Apabila ini sudah berlangsung bertahun – tahun, maka boleh jadi file tersebut sangat banyak dan berpengaruh terhadap performa komputer. 

Silagkan dibaca : Cara membersihkan sampah komputer

3. Install Antivirus Komputer Yang Update

Terkadang Virus komputer juga membuat komputer kita lemot. Salah satu Virus yang menyerang pada autorun membuat hampir seluruh program terjangkiti. Sehingga ketika kita menjalankan satu program tertentu, virus tersebut ikut aktif dan membuat komputer kita lemot. 

Solusi terbaik untuk mengetasi Virus komputer yaitu dengan memasang Antivirus yang selalu di update. Selain itu juga waspadai ketika flashdisk orang lain masuk ke komputer kita, terkadang membawa virus dari luar. Kemudian waspadai juga ketika anda menginstall program yang di download dari internet. Terkadang juga disisipi virus tertentu. 

Baca juga : Antivirus terbaik untuk PC

4. Minimalisir Startup Program

Cara mengatasi komputer lemot pada saat dinyalakan atau kondisi startup yaitu dengan cara meminimalisir program atau aplikasi pada startup agar tidak terlalu berat saat masuk windows. Startup yaitu awal mula komputer masuk ke sistem windows dengan membaca sistem operasi yang ada di hardisk. 

Di satu sisi, terdapat sistem pengaturan program yang bisa kita aktifkan secara otomatis bersamaan dengan komputer masuk ke windows. Ketika program yang kita seting terlalu banyak, seringkali menyebabkan komputer lemot, khususnya pada saat dinyalakan. Oleh karena itu, solusinya yaitu mengatur startup untuk program – program yang kita anggap penting saja. 

Baca tutorialnya : Cara mengatur startup Komputer

5. Instal Ulang Windows

Ini merupakan salah satu cara mengatasi komputer lemot yang menurut saya cukup ampuh. Hanya saja ada banyak kerugiannya. Yaitu semua program komputer diluar windows akan terhapus. Tapi sekarang sudah banyak sekali teknisi komputer yang siap kapan saja untuk menginstall komputer anda. Ini tentu bagi anda yang tidak mengerti soal software komputer. 

Bagi anda yang sudah experet dalam hal ini, tentunya tidak jadi soal. Anda dapat dengan mudah menginstall kembali program – program komputer yang anda butuhkan. Install ulang windows bisa jadi solusi apabila file sistem komputer anda mengalami masalah seperti corrupt, hilang karena terjangkit oleh virus kemudian secara otomatis virus bekerja menghapus file tersebut. 

6. Overheating

Terkadang komputer lelet juga disebabkan karena suhu komponen di dalam komputer terlalu panas. Terlebih lagi untuk processor, oleh sebab itu kita melihat processor kalau kita perhatikan dilengkapi dengan fan yang menempel. Hal ini bertujuan untuk mengurangi overheating. Jadi jika komputer anda mengalami permasalahan ini, solusinya sebagai berikut : 

  • Cek kondisi fan Processor siap tahu kotor sehingga menyebabkan sistem pendingin tidak berfungsi maksimal 
  • Bisa tambahkan fan pada CPU untuk membantu mempercepat pendinginan di dalam ruang CPU 
  • Jika fan komputer memang sudah tidak berfungsi maka segeralah diganti yang baru. 

Adapun permasalahan yang timbul seperti lemot saat main game atau lemot pada saat menggunakan koneksi internet menurut saya itu cenderung dari spesifikasi komputer yang memang kurang mendukung. Jadi apabila hal itu anda rasakan, solusinya upgrade spek komputer anda dengan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan anda. Sekian, semoga bermanfaat.

Karakteristik Sistem Operasi Jaringan – Tekno Geyik

Pengertian Sistem Operasi JaringanSistem Operasi Jaringan (Network Operating System) merupakan sebuah jenis dari sistem operasi komputer yang ditujukan khusus untuk menangani jaringan jaringan komputer sehingga komputer server mampu melayani komputer-komputer client...

Newest Dell 3189 Convertible Chromebook 11.6″ HD IPS Touchscreen, Laprtop with Corning Gorilla Glass NBT

Deskripsi Produk Newest Dell 3189 Convertible Chromebook 11.6" HD IPS Touchscreen: Processor: Intel Dual-Core Celeron N3060 Up to 2.48Hz RAM: 4GB DDR3L Memory Hardisk: 32GB eMMC SSD Storage Ukuran Layar: 11.6" HD IPS Multi-Touchscreen Display (1366 x 768) with Corning...

Latest_Dell Vostro Real Business Laptop With Core i7-8550U Processor

Deskripsi Produk Latest_Dell Vostro Real Business Laptop: Processor: 8th Generation Intel Core i7-8550U Processor (8M Cache, up to 4.0 GHz) RAM: 8GB, DDR4, 2400MHz Hardisk: 128GB Solid State Drive + 1TB 5400 rpm Hard Drive Ukuran Layar: 14.0-inch FHD (1920 x 1080)...

ASUS E402WA-WH21 Lightweight and Portable Laptop PC, Laptop With AMD Quad Core E2-6110 Processor

Spesifikasi ASUS E402WA-WH21 Lightweight and Portable Laptop PC: Processor: Efficient AMD quad-core E2-6110 1.5GHz RAM: 4GB DDR3 RAM Hardisk: 64GB eMMC Flash Storage Ukuran Layar: 14 inchesASUS E402WA-WH21 Lightweight and Portable Laptop PC adalah salah satu laptop...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *