Mengenal BIOS Komputer Dan Fungsinya

BIOS Komputer, pernahkan anda mendengar istilah ini ? Memang tidak terlalu banyak yang paham dengan BIOS System, kecuali orang yang suka dan berkompeten dalam dunia Komputer. Pada kesempatan kali ini, kita akan berkenalan dengan BIOS, agar anda yang awam juga sedikit mengerti tentang apa itu BIOS dan apa fungsi BIOS komputer sesungguhnya. 

Pengertian BIOS Komputer

BIOS secara bebas bisa kita devinisikan sebagai sebuah sistem yang termasuk dalam perangkat lunak komputer, yang terpasang pada Flash Memory (ROM) dalam bahasa Assembly yang memiliki fungsi tertentu. Kerja BIOS berada sebelum komputer masuk pada sistem operasi komputer Windows dan yang lainnya. 

Berbicara tentang BIOS mungkin secara tidak langsung kita akan mengenal juga istilah CMOS. Daripada anda bertanya – tanya nantinya, jadi kita hubungkan sekarang, karena memang berhubungan. CMOS (Complementary Metal-Oxide Semiconductor) yaitu bahan atau material dimana BIOS terpasang. Biasanya dalam sistem ini terdapat baterai yang sering dinamakan baterai CMOS. 

Fungsi BIOS Komputer

pengetian bios komputer
BIOS secara langsung akan berhubungan dengan Booting komputer. Yaitu ketika komputer dinyalakan pertama kali sebelum masuk pada sistem operasi komputer. Oleh sebab itu, ketika komputer tidak bisa booting, bisa jadi terdapat eror pada sistem BIOS ini. Berikut ini beberapa fungsi BIOS : 

1. Menginisialisasi Perangkat Keras Komputer

Kita mengetahui, salah satu bagian utama sebuah PC yaitu perangkat keras komputer atau hardware, yang berjumlah lebih dari satu serta memiliki fungsi masing – masing. Di sinilah peran BIOS system pada komputer ketika pertama kali dinyalakan, yaitu mengenali dan menginisialisasi macam – macam perangkat komputer. 

2. Power On Self Test (POST)

Apa itu POST ? Fungsi atau tugas BIOS selanjutnya yaitu melakukan perintah POST, yaitu melakukan pengecekan terhadap perangkat setelah proses inisialisasi dan identifikasi dilakukan. Sebagai contoh, ketika hardisk komputer kita lepas, kemudian komputer kita nyalakan. BIOS melakukan inisialisasi kemudian pengecekan yang akhirnya memunculkan sebuah informasi “DISK BOOT FAILURE”. 

3. Memberikan Pengaturan Konfigurasi Dasar

Fungsi BIOS komputer yang lainnya adalah memberikan pengaturan dasar konfigurasi seperti tanggal dan waktu. Selain itu di sini kita juga bisa mengatur pendeteksian awal hardrive yang akan digunakan. Contoh ketika kita memiliki dua buah hardisk di komputer yang terpasang dua sistem operasi yang berbeda. 

Untuk menentukan Hardisk mana yang akan di baca untuk pertama kali, kita perlu melakukan konfigurasi pada BIOS. Sehingga ketika booting, BIOS akan menginisialisasi perintah yang kita berikan dan kemudian menjalankan perintah sesuai dengan konfigurasi yang kita berikan. 

Cara Mengakses BIOS

Mungkin akan timbul pertanyaan bagi anda yang baru saja membaca informasi ini. Bagaimana kita bisa mengakses BIOS Komputer ? Pertanyaan yang bagus. Untuk mengakses BIOS komputer kita bisa melakukannya dengan menggunakan kode tertentu. Biasanya masing – masing jenis Motherboard berbeda. Namun jika tidak tombol “delete” atau “F2”. 

Ketika komputer anda nyalakan, sebelum masuk pada sistem operasi (windows) contohnya, tekan salah satu tombol dari dua tombol tersebut pada keyboard anda. Namun bukan keyboard jenis USB, karena USB akan aktif ketika komputer sudah masuk sistem operasi. Gunakan keyboard port yang tersambung pada port keybord di motherboard. 

Menu Pada BIOS

Seperti gambar yang bisa anda lihat diatas, terdapat beberapa menu pengaturan BIOS diantaranya seperti yang sudah saya contohkan yaitu pengaturan First Boot Device untuk mendeteksi device (disk) mana yang akan dibaca peretama kali saat komputer Booting. Kemudian ada juga pengaturan waktu dan tanggal komputer serta berbagai macam pengaturan lainnya.

Baca juga : Cara mudah reset BIOS komputer

Nah, itulah sekilas tentang pengertian BIOS komputer dan fungsinya. Penting atau tidak penting untuk anda ketahui, yang pasti dengan mengetahuinya anda mendapatkan satu pengetahuan yang orang lain tidak ketahui. Sekian, semoga bermanfaat !

Karakteristik Sistem Operasi Jaringan – Tekno Geyik

Pengertian Sistem Operasi JaringanSistem Operasi Jaringan (Network Operating System) merupakan sebuah jenis dari sistem operasi komputer yang ditujukan khusus untuk menangani jaringan jaringan komputer sehingga komputer server mampu melayani komputer-komputer client...

Newest Dell 3189 Convertible Chromebook 11.6″ HD IPS Touchscreen, Laprtop with Corning Gorilla Glass NBT

Deskripsi Produk Newest Dell 3189 Convertible Chromebook 11.6" HD IPS Touchscreen: Processor: Intel Dual-Core Celeron N3060 Up to 2.48Hz RAM: 4GB DDR3L Memory Hardisk: 32GB eMMC SSD Storage Ukuran Layar: 11.6" HD IPS Multi-Touchscreen Display (1366 x 768) with Corning...

Latest_Dell Vostro Real Business Laptop With Core i7-8550U Processor

Deskripsi Produk Latest_Dell Vostro Real Business Laptop: Processor: 8th Generation Intel Core i7-8550U Processor (8M Cache, up to 4.0 GHz) RAM: 8GB, DDR4, 2400MHz Hardisk: 128GB Solid State Drive + 1TB 5400 rpm Hard Drive Ukuran Layar: 14.0-inch FHD (1920 x 1080)...

ASUS E402WA-WH21 Lightweight and Portable Laptop PC, Laptop With AMD Quad Core E2-6110 Processor

Spesifikasi ASUS E402WA-WH21 Lightweight and Portable Laptop PC: Processor: Efficient AMD quad-core E2-6110 1.5GHz RAM: 4GB DDR3 RAM Hardisk: 64GB eMMC Flash Storage Ukuran Layar: 14 inchesASUS E402WA-WH21 Lightweight and Portable Laptop PC adalah salah satu laptop...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *