Pengertian dan Fungsi Modem pada jaringan Komputer


Pengertian Modem pada jaringan Komputer
Modem merupakan perangkat keras pada jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan Local Aren Network dengan jaringan Internet. Modem merupakan singkatan dari istilah modulator & demodulator. Kedua istilah ini memiliki pengertian dan fungsi yang berbeda. Modulator berfungsi menghantarkan sinyal informasi menuju ke sinyal pembawa kemudian dikirim ke pengguna. Proses ini disebut modulasi, yang merupakan proses peralihan sinyal digital berubah menjadi sinyal analog. Sementara demodulator berfungsi untuk menerima data dalam bentuk sinyal yang telah dikirim. Proses ini merupakan peralihan sinyal yang mulanya sinyal analog menjadi sinyal digital. Tujuan diubahnya sinyal analog menjadi sinyal digital adalah supaya bisa terbaca oleh perangkat komputer.

Fungsi Modem pada jaringan Komputer
Modem berfungsi untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan internet. Akan tetapi secara teori Fungsi modem adalah mengubah komunikasi dua arah yang awalnya dari sinyal digital menjadi sinyal analog ataupun sebaliknya. Sinyal digital dikirimkan dari komputer kemudian berubah menjadi sinyal analog. Perubahan sinyal tersebut dilakukan oleh modem. Kemudian, sinyal dari modem yang berupa sinyal analog dikirim dan ditransmisi menggunakan kabel telepon guna dihubungkan ke komputer lain dan sebaliknya sehingga komputer akan menghubungkan komputer dengan internet.

Jenis – jenis modem pada jaringan internet
Berdasarkan pemasangannya modem bisa dibedakan menjadi modem internal dan modem eksternal sedangkan berdasarkan jaringannya modem bisa dibedakan menjadi modem dengan media kabel dan meodem dengan media tanpa kabel.

  • Modem Internal merupakan sebuah kartu yang dipasangkan pada slot motherboard. keuntungan modem ini adalah cara pemasangannya mudah dan harganya relatif lebih murah.
  • Modem Eksternal adalah modem yang dipasang diluar komputer, biasanya ditancapkan pada slot USB.
  • Modem yang menggunakan media kabel yaitu sebuah modem yang menggunakan kabel sebagai media perantaranya (contoh: TV kabel dan jaringan telepon)
  • Modem tanpa kabel, modem ini menggunakan media tanpa kabel untuk perantaranya (contoh: modem GSM, Modem CDMA dan lain-lain)

Karakteristik Sistem Operasi Jaringan – Tekno Geyik

Pengertian Sistem Operasi JaringanSistem Operasi Jaringan (Network Operating System) merupakan sebuah jenis dari sistem operasi komputer yang ditujukan khusus untuk menangani jaringan jaringan komputer sehingga komputer server mampu melayani komputer-komputer client...

Newest Dell 3189 Convertible Chromebook 11.6″ HD IPS Touchscreen, Laprtop with Corning Gorilla Glass NBT

Deskripsi Produk Newest Dell 3189 Convertible Chromebook 11.6" HD IPS Touchscreen: Processor: Intel Dual-Core Celeron N3060 Up to 2.48Hz RAM: 4GB DDR3L Memory Hardisk: 32GB eMMC SSD Storage Ukuran Layar: 11.6" HD IPS Multi-Touchscreen Display (1366 x 768) with Corning...

Latest_Dell Vostro Real Business Laptop With Core i7-8550U Processor

Deskripsi Produk Latest_Dell Vostro Real Business Laptop: Processor: 8th Generation Intel Core i7-8550U Processor (8M Cache, up to 4.0 GHz) RAM: 8GB, DDR4, 2400MHz Hardisk: 128GB Solid State Drive + 1TB 5400 rpm Hard Drive Ukuran Layar: 14.0-inch FHD (1920 x 1080)...

ASUS E402WA-WH21 Lightweight and Portable Laptop PC, Laptop With AMD Quad Core E2-6110 Processor

Spesifikasi ASUS E402WA-WH21 Lightweight and Portable Laptop PC: Processor: Efficient AMD quad-core E2-6110 1.5GHz RAM: 4GB DDR3 RAM Hardisk: 64GB eMMC Flash Storage Ukuran Layar: 14 inchesASUS E402WA-WH21 Lightweight and Portable Laptop PC adalah salah satu laptop...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.