Pengertian Harddisk, Fungsi dan Bagian-Bagian Harddisk Pada Komputer

Pengertian Harddisk, Fungsi dan Bagian-Bagian Harddisk Pada Komputer. Bagi Anda pengguna komputer maupun laptop tentunya sudah tidak asing lagi dengan perangkat keras yang bernama harddisk. Tapi masih banyak juga orang khususnya yang awam belum mengetahui apa itu pengertian dari harddisk dan juga fungsi dari harddisk.

gambar-harddisk
Image by : mdin.staff..uad.ac.id

Nah, pada pembahasan kali ini Saya akan mencoba menjelaskan tentang pengertian Harddisk, fungsi, bagian-bagian harddisk dan juga jenis dari harddisk. Silakan Anda simak pembahasan berikut ini.

Pengertian Harddisk

Harddisk adalah hardware atau perangkat keras yang terdapat pada komputer atau laptop yang merupakan alat penyimpan data sekunder, dimana data disimpan dalam piringan logam yang berputar secara terintegrasi.
Harddisk merupakan perangkat keras yang sangat penting bagi komputer mau pun laptop. Harddisk atau bisa disingkat HDD ( harddisk drive) terdiri dari piringan keras yang dibuat dengan bahan non-magnetik yang dilapisi bahan tipis berbahan magnet.

Baca Juga : Pengertian VGA, Fungsi dan Jenis-Jenis VGA

Disk berputar dengan kecepatan tinggi dan kepala magnetik dipasang dilengan bergerak yang berfungsi untuk menulis dan membaca data. Sebuah drive harddisk dapat berputar dengan kecepatan 7.200 rpm (rotasi per menit)

Untuk kapasitas penyimpanan harddisk terbilang cukup besar. Kapasitas Harddisk pada komputer sekarang bisa mencapai 500 GB hingga 1 TB. Dalam penyimpanannya harddisk menggunakan saruan byte, dimana :

1 TB = 1024 GB (Giga Byte)
1 GB = 1024 MB (Mega Byte)
1 MB = 1024 KB (Kilo Byte)
1 KB = 1024 Byte.

Fungsi Harddisk

Fungsi harddisk sendiri secara umum adalah suatu device atau komponen yang terdapat pada laptop atau komputer untuk menyimpan data secara permanen yang dihasilkan oleh hasil pemrosesan dari komputer/laptop.

Harddisk menyimpan berbagai macam informasi dari mulai informasi hardware hingga sistem operasi pada komputer itu sendiri. Harddisk juga menyimpan berbagai file seperti aplikasi, dokumen, foto, video, music dan file-file lainnya.

Biasanya harddisk pada komputer atau laptop memiliki berberapa partisi agar lebih mudah digunakan. Pengertian partisi adalah pembagian ruang dalam harddisk menjadi beberapa bagian sesuai dengan kapasitas dan kebutuhan.

Bagian-Bagian Harddisk

Image by yogaktif.blogspot.com

 

1. Platter
Platter merupakan komponen yang paling utama pada harddisk yang berfungsi sebagai tempat menyimpan data. Platter terdiri dari track dan sector  yang bertugas menyimpan ID pengenal untuk format harddisk.

2. Spindle
Spindle merupakan komponen yang terdapat pada harddisk berupa poros untuk menempatkan dan memutar platter. Semakin besar kecepatan perputaran pada spindle, maka semakin cepat pula akses pada harddisk.

3. Head
Head adalah komponen pada harddisk yang bertugas menulis dan membaca pada setiap data yang terdapat dalam harddisk. Head terletak pada platter bagian atas dan bagian bawah. Cepat lambatnya head dalam membaca dan menulis tergantung pada kondisi sector yang terdapat pada platter.

4. Logic Board
Logic Board adalah sirkuit utama yang terdapat pada harddisk yang berfungsi untuk menyimpan BIOS. BIOS tersebut akan dikenali ketika harddisk telah terhubung dengan mainboard.

5. Actual Axis
Yaitu alat yang berfungsi sebagai media untuk menyangga head agar head tersebut dapat berada diatas atau dibawah platter.

6. Ribbon Cable
Adalah kabel yang berfungsi untuk menghubungkan antara head dengan logic board. Ribbon cable juga berfungsi sebagai media pengirim informasi dari head ke logic board ataupun sebaliknya.

7. Setting Jumper
Yaitu komponen pada harddisk yang berfungsi untuk menentukan hardisk pada motherboard. Jika kita memasang 2 harddisk pada komputer, maka kita harus mensetting jumper pada harddisk. Dengan mensetting jumper maka kita bisa menentukan mana harddisk primer dan sekunder atau lebih dikenal dengan master dan slave.

8. Power Conector
Merupakan komponen yang terdapat pada harddisk yang berfungsi sebagai sumber arus listrik yang dikirim langsung dari power suply.

Demikianlah pembahasan materi tentang Pengertian Harddisk, Fungsi dan Bagian-Bagian Harddisk Pada Komputer. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Karakteristik Sistem Operasi Jaringan – Tekno Geyik

Pengertian Sistem Operasi JaringanSistem Operasi Jaringan (Network Operating System) merupakan sebuah jenis dari sistem operasi komputer yang ditujukan khusus untuk menangani jaringan jaringan komputer sehingga komputer server mampu melayani komputer-komputer client...

Newest Dell 3189 Convertible Chromebook 11.6″ HD IPS Touchscreen, Laprtop with Corning Gorilla Glass NBT

Deskripsi Produk Newest Dell 3189 Convertible Chromebook 11.6" HD IPS Touchscreen: Processor: Intel Dual-Core Celeron N3060 Up to 2.48Hz RAM: 4GB DDR3L Memory Hardisk: 32GB eMMC SSD Storage Ukuran Layar: 11.6" HD IPS Multi-Touchscreen Display (1366 x 768) with Corning...

Latest_Dell Vostro Real Business Laptop With Core i7-8550U Processor

Deskripsi Produk Latest_Dell Vostro Real Business Laptop: Processor: 8th Generation Intel Core i7-8550U Processor (8M Cache, up to 4.0 GHz) RAM: 8GB, DDR4, 2400MHz Hardisk: 128GB Solid State Drive + 1TB 5400 rpm Hard Drive Ukuran Layar: 14.0-inch FHD (1920 x 1080)...

ASUS E402WA-WH21 Lightweight and Portable Laptop PC, Laptop With AMD Quad Core E2-6110 Processor

Spesifikasi ASUS E402WA-WH21 Lightweight and Portable Laptop PC: Processor: Efficient AMD quad-core E2-6110 1.5GHz RAM: 4GB DDR3 RAM Hardisk: 64GB eMMC Flash Storage Ukuran Layar: 14 inchesASUS E402WA-WH21 Lightweight and Portable Laptop PC adalah salah satu laptop...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.