Perspektif Pendidikan Bagi Perempuan Desa

Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

“Entah akan berkarir atau menjadi ibu rumah tangga, seorang wanita wajib berpendidikan tinggi karena mereka akan menjadi seorang ibu. Ibu-ibu yang cerdas akan melahirkan anak-anak yang cerdas” – Dian Sastrowardoyo.
Pendidikan memang menjadi hal yang sangat penting untuk kehidupan dimasa depan. Dari kutipan diatas, tidak ada perbedaan antara wanita desa dan wanita kota.
Pendidikan memang berlaku untuk siapapun tanpa memandang gender dan status sosial. Tidak juga memandang tujuan akhir, akan menjadi wanita karir ataupun ibu rumah tangga tetap membutuhkan pendidikan.
Terlepas dari tujuan karir, alasan pentingnya pendidikan bagi perempuan adalah :
1. Perempuan merupakan madrasah pertama untuk anaknya kelak.
Perempuan akan menjadi tempat belajar pertama kali untuk anaknya. Tanpa pandang status sosial. Mau kaya atau miskin. Mau wanita kota atau desa.
Karena perempuan yang sudah mempunyai anak, juga akan mempunyai peran ganda yaitu sebagai ibu sekaligus sebagai guru.
Sebelum anak menempuh pendidikan di sekolah, perempuanlah yang pertama kali mengajari anaknya. Seperti berbicara, makan, minum, berdiri, mengenalkan ibadah dan masih banyak lainnya.
2. Kecerdasan anak diwariskan dari ibunya.
Dilansir dari laman hellosehat.com (17/04/20) Menurut Satoshi Kanazawa pada artikelnya, kecerdasan umum dikenal sangat diwariskan, dan gen yang mempengaruhi kecerdasan umum diperkirakan pada kromosom X.
Itu berarti bahwa anak laki-laki mewarisi kecerdasan umum mereka dari sang ibu saja, sedangkan anak perempuan mewarisi kecerdasan umum mereka dari ibu dan ayah mereka.
Dari pernyataan diatas, bisa diambil kesimpulan bahwa perempuan lebih dominan mewarisi kecerdasan kepada buah hatinya.
Lalu bagaimana dengan kesetaraan gender?
Ada yang perlu diperbaiki dari kesetaraan gender di masa kini. Entah itu memperbaiki cara berpikir ataupun memperbaiki lingkungan sosial khususnya untuk perempuan-perempuan yang hidup di desa.
Mengenyam pendidikan tinggi apalagi menyandang gelar magister bagi perempuan kota memang hal yang membanggakan, berprestasi dan terpandang.
Namun hal itu tidak berlaku bagi perempuan desa, khususnya yang tinggal di lingkungan yang masih menggunakan prinsip bahwa “jadi perempuan tidak usah sekolah tinggi-tinggi”.
Dengan lingkungan yang tidak mendukung, perempuan desa yang menyandang gelar magister seakan-akan mereka melawan arus.
Terlebih lingkungannya tidak banyak anak perempuan yang menyandang gelar magister. Beberapa anggapan masyarakat tentang perempuan yang berpendidikan tinggi adalah :
1. Perempuan yang berpendidikan tinggi sulit dapat jodoh.
Entah apa yang menjadikan acuan jika perempuan yang berpendidikan tinggi akan sulit dapat jodoh.
Terlebih jika perempuan yang berpendidikan tinggi itu memang belum menikah, maka akan semakin menguatkan anggapan mereka.
Hal ini bertolak belakang dengan perempuan-perempuan kota. Dengan berpendidikan tinggi, akan semakin bangga jika seorang suami mempunyai istri yang terpelajar.
2. Setinggi-tingginya pendidikan, perempuan akan di dapur juga.
Meskipun perempuan itu berpendidikan tinggi, tapi bukan berarti perempuan tersebut melupakan kodratnya sebagai wanita.
Sekalipun akan berkarir, bukan berarti perempuan akan lepas tanggugjawabnya sebagai istri dan juga ibu.
3. Laki-laki tidak menyukai perempuan yang berpendidikan tinggi.
Entah ini apa yang salah. Kesetaraan gender tidak nampak dalam pendidikan. Kebanggaan bagi laki-laki yang bisa menempuh pendidikan tinggi.
Tapi ada juga anggapan bahwa laki-laki tidak menyukai perempuan yang berpendidikan tinggi dengan alasan bahwa perempuan yang berpendidikan tinggi akan berani berdebat dan keras kepala.
Apakah ini kesetaraan gender dalam pendidikan? Bukankah perempuan yang terpelajar itu bisa memposisikan dirinya? Tidak adil rasanya jika anggapan ini terus dipupuk.
Menjadi perempuan desa yang menyandang gelar magister, harus siap mental dan berani membuktikan bahwa pendidikan itu penting.
Karena dengan pembuktian itu satu-satunya jalan untuk membuka pola pikir masyarakat tentang pentingnya pendidikan.
Berbicara Tentang Pendidikan. Apakah Berpendidikan itu Harus Kuliah?
Tidak. Pendidikan itu bisa dilakukan dengan formal dan juga non formal. Pendidikan formal seperti sekolah dan kuliah. Sedangkan pendidikan non formal seperti kursus.
Untuk mengenyam pendidikan, bisa dilakukan di lembaga-lembaga yang membuka kursus seperti EduCenter.
Tidak selamanya kursus itu membosankan. Saat semua orang bingung mencari tempat kursus dan juga menghabiskan waktu dan tenaga untuk berpindah dari tempat kursus satu ke tempat kursus lainnya, EduCenter memberikan jawabannya.
Untuk semua perempuan-perempuan yang ingin meningkatkan skill dan meningkatkan pengetahuan, kamu bisa kursus di EduCenter.
Kenapa Harus EduCenter?
Karena EduCenter adalah mall edukasi. EduCenter memiliki banyak tempat kursus terkemuka.
Beberapa tempat kursus di EduCenter adalah Apple Tree Pre-School, UniSadhuGuna, Farabi Music School, Binary Kiddo, CMA Mental Arithmetic, Shane Learning Centre, Calculus, Flamingo Studio, Kumon, Wow Art Studio, Far East Education dan masih banyak lainnya.
Bukan hanya pengetahuan dan skillyang kamu peroleh. Tapi kamu juga akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa dengan kursus di EduCenter.
Siapapun kamu, tidak ada alasan yang boleh menghentikan kamu untuk menempuh pendidikan. Karena kamu berharga. Dan kamu adalah Kartini masa kini. Lanjutkan pendidikanmu bersama #educenterid.

“Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Pendidikan sebagai Kunci Penguatan Peran Perempuan yang diselenggarakan oleh EduCenter”

Daftar Harga Laptop Sony Vaio Terbaru Juli 2016

Sony Vaio SVE11-135CV Black, Pink, White AMD E2 2000 1.75Ghz, 2GB DDR3, 320GB, No Optical Drive, Wifi, Bluetooth, AMD Radeon HD 7340, Camera, 11.6" WXGA, Win 8 Rp 4,100,000 Sony Vaio Duo 11 SVD11-215CV Intel Core i5 3317U-1.7Ghz, RAM 4GB, HDD 128GB SSD, VGA Intel...

Daftar Harga Laptop Samsung Terbaru Juli 2016 Dan Spesifikasinya

Harga Laptop Samsung Terbaru- Sekarang kalau kita bilang merk Samsung tentunya sudah tidak asing bagi kita semua.Maka sekarang kita akan membahas sedikit tentang Laptop Samsung,seperti yang sudah banyak orang ketahui,Samsung merupakan salah satu perusahaan elektronik...

Daftar Harga Laptop Samsung Windows 8 Terbaru Juli 2016

Samsung NP270E4E-K01ID/K02IDIntel Core i3 3110M 2.4Ghz, 14" LED HD, 4GB, 500GB, DVD-RW, Card Reader, Intel HD, Wifi, Bluetooth, Camera, Win 8.1Rp 6,250,000 Samsung NP470R4E-K01IDIntel Core i5 3230M-2.6Ghz, RAM 4GB, HDD 500GB, VGA Intel HD4000, Screen 14" Wide LED,...

Daftar Harga Laptop Acer AMD Terbaru Juli 2016

Harga Laptop Acer AMD - Semakin hari semakin banyak keluarnya laptop dengan berbagai seri terbaru yang akan semakin memikat hati pengguna laptop.Dengan hadirnya berbagai jenis dan variasi yang banyak akan membuat kita menjadi lebih bingung dalam memilih laptop mana...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *