Tips Cara Reset Ulang (Factory Reset) LG G3 Dengan Benar Untuk Performa Yang Lebih Baik

Jika perangkat LG G3 milik Anda sedang bertingkat aneh atau mengalami error sehingga bertingkah tak beraturan, mungkin perangkat ponsel Anda sedang kerasukan setan, hahaha .. *just kidding* Tapi kasus seperti itu mungkin terjadi kesalahan yang mudah untuk diatasi.

Namun, ada pula kasus error pada ponsel yang lebih parah dari itu dan mungkin bisa menyebabkan ponsel Anda ngehang atau pun kejadian sejenisnya. Untuk menemukan solusi dalam tindakan apa untuk dilakukan dengan aplikasi dan permasalahan Android, maka sering kali dibutuhkan tindakan yang lebih ekstrim, yaitu mereset ulang ponsel Anda.

Nah, untuk mengaplikasikan tindakan mereset ulang ponsel (khususnya LG G3) dengan benar, maka perlu panduan terbaik bagi Anda agar tidak mengalami kesalahan yang dapat mengakibatkan ponsel Anda rusak total secara permanen.

Kali ini saya akan memberikan informasi terkait tips & cara mereset ulang (Factory Reset) LG G3 dengan benar untuk performa ponsel yang lebih baik. Berikut ulasan selengkapnya:

Proses persiapan sebelum melakukan tindakan apapun pada ponsel.

Sebelum melakukan tindakan apapun, pastikan Anda telah memback-up semua file maupun data penting yang tersimpan di ponsel Anda. Jika belum, lakukanlah hal itu sekarang juga! Atau file maupun data penting milik Anda akan musnah dalam sekejap.

Setiap ponsel yang diciptakan pasti tidaklah sepenuhnya sempurna, terkadang pasti ada-ada saja hal lain yang tidak diinginkan seperti ngehang tiba-tiba, mengalami error hingga mengacaukan penggunaan ponsel, dan lainnya.

Jadi, untuk mengantisipasi kejadian buruk tersebut, pastikan Anda sudah memiliki file back-up yang tersimpan untuk berjaga-jaga sekaligus mengembalikan file dan data penting Anda setelah melakukan tindakan reset ulang pada ponsel.

Apa dampak dari Factory Reset pada LG G3?

Factory reset (reset pabrik), terkadang dikenal sebagai hard reset atau proses reset ulang secara paksa pada sebuah perangkat ponsel (khususnya) yang dimaksudkan untuk mengembalikan kondisi ponsel yang semula dalam keadaan buruk menjadi keadaan yang lebih fresh. Bila ponsel dalam kondisi fresh, pastinya kinerja atau peforma yang diberikan akan menjadi lebih lancar dan optimal pada penggunaanya.

Proses factory reset ini tidak akan mempengaruhi maupun menghapus setiap proses update sistem Android yang telah Anda lakukan, misalnya Anda telah mengupdate dan menginstal Android Lollipop dan itu akan tetap bertahan setelah tindakan reset ulang dilakukan. Hanya saja yang mempengaruhi proses factory reset ini adalah semua aplikasi maupun data yang nantinya akan terhapus bersih secara total tanpa ada bekasnya.

Jadi seperti yang telah saya sampaikan tadi di atas bahwa Anda harus melakukan back-up file untuk mengamankan aplikasi dan data penting yang tersimpan di ponsel LG G3 Anda.

Anda dapat mereset ulang sebagian besar perangkat Android, termasuk LG G3 dari Pengaturan.

Alasan ketika Anda harus melakukan reset pabrik (factory reset) pada ponsel LG G3 Anda

Jika Anda ingin menjual ponsel LG G3 milik Anda atau memberikannya kepada orang lain, maka Anda harus melakukan factory reset pada ponsel tersebut. Kenapa demikian? Alasanya karena untuk menghapus seluruh data personal dan data rincian akun Google Anda yang masih tersimpan di ponsel tersebut.

Anda harus melakukan factory reset pada ponsel LG G3 Anda ketika sedang menghadapi masalah pada sistem perangkat seperti jatuh ataupun sering ngehang, tapi sebelumnya pergi ke nuclear option untuk mencoba membersihkan cache aplikasi, membersihkan dan menghapus aplikasi sistem, reboot dan menginstal ulang setiap aplikasi yang merepotkan tersebut. Dalam kebanyakan kasus seperti ini merupakan solusi alternatif dalam menangani masalah tersebut sebelum melakukan tindakan factory reset pada ponsel.

Jika Anda menyukai cara alternatif tersebut tanpa melakukan reset ulang, maka diperlukan panduan yang komprehensif dan tergolong agak ribet. Mengenai cara alternatif ini akan saya bahas di postingan berikutnya.

Cara Reset Ulang (Factory Reset) LG G3

Sebenarnya terdapat 2 (dua) cara untuk melakukan reset pabrik LG G3, yaitu Anda dapat melakukannya dengan software, atau Anda dapat melakukannya melalui tombol hardware. Namun, opsi terakhir yang dapat dilakukan adalah ketika Anda tidak bisa masuk ke pilihan software, misalnya bila telepon telah diblokir.

1) Opsi pertama: Cara reset pabrik menggunakan software

  1. Lakukan back-up data untuk mengamankannya
  2. Pergi ke Apps > Setting > General.
  3. Tap Backup & Reset
  4. Sekarang saya mengasumsikan bahwa Anda sudah memback-up semua data Anda, maka Anda dapat hapus centang pada opsi Back up my Data. Cek kembali terkait file back-up data yang telah Anda lakukan.
  5. Tap pada Factory Data Reset.
  6. Silakan pilih Erase SD Card jika Anda ingin menghapusnya juga.
  7. Tap Reset Phone.
  8. Tap Erase Everything.
  9. Lalu, tap OK untuk menyelesaikan prosesi reset ulang tersebut.

2) Opsi kedua: Cara reset pabrik menggunakan hardware

Jika Anda tidak ingin menggunakan pilihan reset pabrik dengan software, berikut adalah cara melakukannya dengan hardware. Pilihan ini tidak memberikan kesempatan kepada Anda untuk memback-up data Anda sebelum melanjutkan dan tidak membiarkan memberitahukan untuk menentukan apakah Anda ingin mengembalikan rincian data Akun Google Anda atau tidak setelah prosesnya selesai.

Jadi, pastikan dengan matang bahwa Anda benar-benar tidak bisa melakukan reset pabrik menggunakan pilihan software pilihan sebelum mengambil langkah ini. So, berikut langkah-langkahnya:

  1. Tekan dan tahan tombol Power & Volume Down pada bagian belakang ponsel LG G3 Anda, lalu tunggu beberapa saat sampai muncul logo LG.
  2. Tetap ditahan tombol Power & Volume Down tersebut dalam beberapa saat, lalu lepaskan tombol power tersebut.
  3. Muncul tampilan Factory Data Reset pada layar ponsel.
  4. Lalu gunakan tombol Volume Down untuk menavigasikan pilihan ke YES.
  5. Tekan tombol Power untuk mengkonfirmasi.
  6. Nantinya akan muncul tampilan Erase All User Data dan Restore Default Settings screen.
  7. Navigasikan pilihan ke YES dengan tombol Volume Down tadi.
  8. Lalu tekan tombol Power untuk mengkonfirmasi dan melanjutkan proses reset ulang.

Sekarang Anda telah menyelesaikan proses reset ulang (Factory Reset) pada LG G3 dengan benar, lalu secara otomatis akan melakukan restart ulang dan merestore dengan sendirinya, lalu kembali ke pengaturan factory reset. Kemudian, Anda diperlukan memasukkan ulang rincian detail Akun Google Anda dan memulai proses download ulang terhadap semua hal setelahnya.

Apakah Anda telah menemukan masalah lalu secara ajaib menghilang setelah melakukan reset pabrik? Ataukah membersihkan aplikasi dan memperbaiki cache sistem dari semua iritasi di alami ponsel Anda sebelumnya? Yuk kasih tahu saya di komentar 🙂

Karakteristik Sistem Operasi Jaringan – Tekno Geyik

Pengertian Sistem Operasi JaringanSistem Operasi Jaringan (Network Operating System) merupakan sebuah jenis dari sistem operasi komputer yang ditujukan khusus untuk menangani jaringan jaringan komputer sehingga komputer server mampu melayani komputer-komputer client...

Newest Dell 3189 Convertible Chromebook 11.6″ HD IPS Touchscreen, Laprtop with Corning Gorilla Glass NBT

Deskripsi Produk Newest Dell 3189 Convertible Chromebook 11.6" HD IPS Touchscreen: Processor: Intel Dual-Core Celeron N3060 Up to 2.48Hz RAM: 4GB DDR3L Memory Hardisk: 32GB eMMC SSD Storage Ukuran Layar: 11.6" HD IPS Multi-Touchscreen Display (1366 x 768) with Corning...

Latest_Dell Vostro Real Business Laptop With Core i7-8550U Processor

Deskripsi Produk Latest_Dell Vostro Real Business Laptop: Processor: 8th Generation Intel Core i7-8550U Processor (8M Cache, up to 4.0 GHz) RAM: 8GB, DDR4, 2400MHz Hardisk: 128GB Solid State Drive + 1TB 5400 rpm Hard Drive Ukuran Layar: 14.0-inch FHD (1920 x 1080)...

ASUS E402WA-WH21 Lightweight and Portable Laptop PC, Laptop With AMD Quad Core E2-6110 Processor

Spesifikasi ASUS E402WA-WH21 Lightweight and Portable Laptop PC: Processor: Efficient AMD quad-core E2-6110 1.5GHz RAM: 4GB DDR3 RAM Hardisk: 64GB eMMC Flash Storage Ukuran Layar: 14 inchesASUS E402WA-WH21 Lightweight and Portable Laptop PC adalah salah satu laptop...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *